Rabu, 21 Desember 2016

Penggunaan statement do while pada PHP

sumber gambar : php-online.net


Statement do while adalah salah satu tatement untuk melakukan perulangan. Ada juga statement lainnya seperti “for” dan “while”. Perulangan do while memiliki format penulisan berupa


do {
kode program;
kode program;
} while (kondisi);



Kondisi adalah sebuah keadaan dimana perulangan akan berjalan jika kondisi tersebut bernilai benar. Biasanya kondisi digunakan untuk melakukan berapa kali perulangan hingga perulangan berhenti.
Kode program berisi keadaan dimana ketika kondisi bernilai benar, kode program baru akan dieksekusi.

Contoh script perulangan while yang sering kita temui


$i=0;
do {
echo "$i <br>";
$i=$i+1;
} while ($i < 10);


Dari script tersebut dijelaskan bahwa nilai awal “i” adalah 0. Perulangan akan berulang sampai 10 kali karena kondisi berupa i < 10. Sehingga ketika i ditambahkan dengan 1, progam akan melakukan perulangan sampai “i” tidak kurang dari 10. Program akan menampilkan output berupa angka nilai “i” dari 0 sampai 9. <br> digunakan untuk membuat baris baru.


Lalu apa perbedaan “do while” dengan “while” ? perbedaan dari kedua statement ini adalah do while akan melakukan eksekusi program terlebih dahulu sebelum mengecek kondisi. Setelah eksekusi, program akan mengecek kondisi dan akan melakukan perulangan atau tidak. Jika while akan melakukan pengecekan kondisi terlebih dahulu, baru melakukan eksekusi program ketika kondisi terpenuhi.

Penerapan pada aplikasi



Output tampilan


Selamat mencoba.

Related Posts

Penggunaan statement do while pada PHP
4/ 5
Oleh