Rabu, 30 November 2016

SERTIFIKASI FORENSIK DIGITAL YANG WAJIB DIBUTUHKAN DI INDONESIA



MENGAPA DIBUTUHKAN SERTIFIKASI FORENSIK DIGITAL? 

 

Beredarnya kasus pembunuhan kopi bersianida yang dilakukan oleh Jessica Kumala Wongso membuat rakyat Indonesia gempar. Bagaimana tidak, seorang sahabat teman sepermainan membunuh sahabatnya sendiri yaitu Wayan Mirna Salihin anak dari pengusaha Edi Darmawan Salihin. Pembunuhuan Wayan Mirna Salihin ini diketahui tertangkap oleh kamera CCTV yang merupakan salah satu bukti kuat di kasus pembunuhan kopi bersianida tersebut. Oleh karenanya, dibutuhkanlah saksi ahli di bidang IT yang memiliki sertifikasi forensik digital untuk membedah kasus ini melalui CCTV.

Disamping itu menjadi saksi ahli dalam kasus yang berhubungan dengan IT haruslah memiliki sertifikasi. Dibutuhkanlah sertifikasi forensik digital untuk parah ahli agar menjadi acuan bahwa ahli memiliki standar operasional untuk menjadi saksi ahli forensik digital yang mengungkapkan kasus-kasus yang menggunakan media IT berupa CCTV, Laptop, Hard Disk dan lain sebagainya.

Sertifikasi forensik digital juga membuktikan bahwa seorang saksi ahli IT berkompeten dalam bidangnya dan bukanlah ahli yang asal-asalan yang hanya mengerti IT tapi tidak diperluas dengan pengetahun mengenai forensik digital itu sendiri. Contoh salah satu tokoh yang ahli di bidang forensik digital adalah bapak Ruby Alamsyah yang merupakan satu-satunya warga Indonesia sekaligus orang Indonesia pertama yang menjadi anggota HTCIA.

Baiklah, langsung saja kita akan membahas beberapa jenis sertifikasi forensik digital yang wajib dibutuhkan di Indonesia. Ikuti terus artikel ini.

 

INILAH DAFTAR SERTIFIKASI FORENSIK DIGITAL

 

1. CHFI

source: https://www.eccouncil.org/wp-content/uploads/2016/02/CHFI-banner-full-length-021.jpg

Computer Hacking Forensic Investigator (CHFI) merupakan sertifikasi forensik digital yang dikeluarkan oleh EC-Council yang merupakan sebuah organisasi yang memiliki program pelatihan dan sertifikasi di bidang keamanan IT dan forensik digital. Program CHFI ini biasanya menangangi kasus seperti Pembunuhan, Pornografi Anak, Pencucian Uang dan Terorisme.
 
2. EnCE

source: http://bounga.id/sites/bounga.id/files/encase-certified-examiner.png
 

Encase Certified Examiner (EnCE) merupakan pelatihan yang berbasis praktik berdasarkan EnCase Software. Program sertifikasi forensik digital EnCE ini dikeluarkan oleh Guidance Software yang melatih para trainer untuk memiliki keterampilan komputer forensik dan mampu menyelesaikan sebuah skenario praktik pemeriksaan yang menyeluruh serta penyiapan laporan investigasi.

3. ACE
source: http://tcsforensics.com/wp-content/uploads/ace.jpg

Accessdata Certified Examiner (ACE) merupakan sertifikasi forensik digital untuk melatih trainer memiliki ide inovatif dan memperkuat kemampuan untuk mengidentifikasi, merespon, menginvestigasi, menuntut, dan mengadili sebuah kasus. Sertifikasi forensik digital ACE ini dikeluarkan oleh AccessData yang bekerja sama dengan Syntricate yang sama-sama memiliki program untuk pelatihan di bidang IT dan sertifikasi forensik digital.
 
4. GCFA

 source: http://www.giac.org/images/design/custom/icons/certs/large/gcfa-gold.png

GIAC Certified Forensic Analyst (GCFA) merupakan sertifikasi forensik digital yang dikeluarkan oleh SANS Institute. Program Sertifikasi forensik digital GCFA ini ditujukan untuk para professional yang memiliki kemampuan mengumpulkan data dan menganalisis sistem operasi Windows dan Linux. Serta memiliki pengetahuan, kemampuan, dan keahlian dalam melakukan investigasi dan menangani kasus tingkat lanjut.

Mungkin beberapa jenis sertifikasi forensik digital diatas dapat membantu anda peminat forensik digital. Karena dengan sertifikasi tersebut berarti anda memiliki standar operasional untuk menjadikan anda sebagai seorang yang berkompeten di bidang forensik digital. Baik sekiranya sekian pembahasan mengenai sertifikasi forensik digital, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Nantikan pembahasan-pembahasan menarik seputar dunia IT di situs ini selanjutnya.
 

Jika berkenan kunjungi artikel sebelumnya disini Terima Kasih.



Related Posts

SERTIFIKASI FORENSIK DIGITAL YANG WAJIB DIBUTUHKAN DI INDONESIA
4/ 5
Oleh