Rabu, 21 Desember 2016

Penggunaan statement for pada PHP

sumber gambar : php-online.net


Statement for adalah salah satu tatement untuk melakukan perulangan. Ada juga statement lainnya seperti “while” dan “do while”. Perulangan for memiliki format penulisan berupa


For (nilai awal, kondisi, penambahan nilai) {
Kode program;
}

  • Nilai awal adalah sebuah nilai awal yang ditentukan untuk melakukan penambahan nilai. Jika pada array maka kita bisa menentukan index array untuk nilai awal.


  • Kondisi adalah sebuah keadaan dimana perulangan akan berjalan jika kondisi tersebut bernilai benar. Biasanya kondisi digunakan untuk melakukan berapa kali perulangan hingga perulangan berhenti.


  • Penambahan nilai adalah keadaan dimana nilai awal akan terus bertambah sampai kondisi terpenuhi. Yang paling umum adalah “i++”, yaitu perulangan akan terjadi ketika kondisi awal ditambahkan nilainya sampai memenuhi batas kondisi.


  • Kode program berisi keadaan dimana ketika kondisi bernilai benar, kode program baru akan dieksekusi.



Contoh perulangan for yang sering kita temui


For ($i = 0; $i < 10 ; $i++) {
echo”x <br>”;
}


Dari script tersebut dijelaskan bahwa nilai awal adalah 0, dan perulangan akan berulang sampai 10 kali. Perulanganan dilakukan dengan 0 yang ditambahkan 1 setiap perulangan terjadi. Maka akan memunculkan “x” sebanyak 10 kali. <br> digunakan untuk membuat baris baru pada output.

Penerapan pada aplikasi




Output tampilan



Selamat mencoba.

Related Posts

Penggunaan statement for pada PHP
4/ 5
Oleh