Rabu, 23 November 2016

Bagaimana memahami karakter orang lain?


A. Apakah memahami karakter itu penting?


Memahami karakter orang lain sering kali disepelekan banyak orang. Namun, apakah itu perlu? Bukankah hal tersebut hanya membuang buang waktu dan tenaga saja? Bersosialisasi itu penting, bahkan hampir semua hal yang kita lakukan membutuhkan sosialisasi. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain. 

Lalu apa hubungannya memahami karakter dan hidup bersosialisasi? Hal tersebut tentu sangat berpengaruh, bersosialisasi pasti membutuhkan interaksi antar sesama manusia. Kita tentu harus bisa menjalin komunikasi dengan lawan bicara kita. Namun, setiap orang pasti memiliki karakter yang berbeda beda, tidak semua hal yang kita ucapkan akan menjadi hal yang positif bagi lawan bicara kita. Terkadang kita harus memilih kata kata yang akan kita ucapkan kepada lawan bicara kita agar tidak menyakiti perasaan orang tersebut. Dengan begitu kita dapat menjaga hubungan baik dengan orang lain.

Bagaimana agar itu dapat terwujud? Tentu dengan cara memahami karakter orang lain, dengan begitu kita akan dapat mengetahui respon orang tersebut dengan hal yang akan kita sampaikan dan hubungan akan tetap terjaga.

"No one has ever made himself great by showing how small someone else." - Irvin Himmel

B. Manfaat memahami karakter orang lain


Setelah dijelaskan pentingnya memahami karakter orang lain, lalu apakah hal itu bermanfaat untuk diri kita sendiri? Berikut beberapa manfaat yang dapat kita rasakan ketika memahami karakter orang lain.

1. Mudah mencari teman


Manusia tidak lepas dengan interaksi sosial. Untuk mendapatkan kepercayaan orang lain, tentu anda harus bisa menjadi seseorang yang baik bagi orang lain.

2. Cerminan diri sendiri


Dengan memahami karakter orang lain tentunya anda akan mengetahui respon orang tersebut, dari situlah anda dapat menilai diri sendiri di mata orang lain.

3. Berpikir lebih luas


Ketika anda sudah menguasainya, anda akan mempertimbangkan hal yang akan anda sampaikan kepada lawan bicara anda. Dengan begitu anda akan dipaksa berpikir lebih luas untuk memutuskan hal yang akan disampaikan. Secara tidak langsung, pola pikir anda akan terbentuk untuk dapat mengatasi masalah dengan mempertimbangkan setiap resiko yang akan anda terima pada setiap pilihan.

"The art of acceptance is the art of making someone who has just done you a small favor wish that he might have done you a greater one." - Martin Luther King, Jr.


C. Tips memahami karakter orang lain


Seperti yang sudah dijelaskan pentingnya memahami karakter dan manfaatnya, lalu bagaimana cara yang baik untuk dapat menguasainya? Berikut beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk dapat memahami karakter orang lain.


1. Cobalah untuk mengenal orang baru


Semakin banyak kita mengenal orang, semakin banyak kita dapat mengetahui perbedaan dari kepribadian setiap orang lain.

2. Belajar dari pengalaman


Setiap orang pasti pernah merasakan kegagalan, termasuk dalam bersosialisasi. Cobalah untuk memahami kesalahan anda mengapa orang lain kurang dapat berkomunikasi dengan anda.

3. Jangan merasa yang paling benar


Jangan pernah merasa anda yang paling benar. Semakin anda merasa paling benar, semakin sombong diri anda dan semakin anda tidak peduli dengan orang lain.

4. Sering mengamati lingkungan anda


Bedakan antara melihat dan mengamati, amatilah lingkungan sekitar anda, pahami setiap kegiatan yang orang lain lakukan di sekitar anda.

5. Buka topik pembicaraan yang lawan bicara anda sukai


Pada dasarnya setiap orang lebih suka bercerita tentang dirinya sendiri daripada bercerita tentang orang lain. Cobalah untuk membuka topik pembicaraan yang lawan anda sukai, dengan begitu anda akan lebih mudah memahami karakter orang tersebut.

"Everything we do affects other people." - Johnny Knoxville

Itulah beberapa tips untuk dapat memahami karakter orang lain yang bisa anda coba. Mungkin akan sedikit sulit ketika anda belum menguasainya. Namun, ketika anda sudah terbiasa, anda akan dapat memilih hal yang baik untuk anda sampaikan kepada orang lain tanpa harus merusak hubungan.

Baca juga artikel terkait 10 Tips Jitu Untuk Memotivasi Karyawan

Related Posts

Bagaimana memahami karakter orang lain?
4/ 5
Oleh