Selasa, 29 November 2016

Lebih Baik Jadi Pemimpin atau Bos ?

Boss vs Leader


Pemimpin atau Bos adalah dua hal yang secara sekilas memiliki pengertian yang mirip, tetapi ternyata kedua hal tersebut memiliki pengertian yang berbeda. Kata bos yang ada dibenak kita mungkin merupakan seorang yang suka menyuruh, memarahi, dan mengatur bawahanya sedangkan pemimpin merupakan orang yang berhak menentukan keputusan. Tetapi tentu tidak semua pemimpin atau bos sama seperti yang kita pikirkan, karena secara natural manusia memiliki sifat atau karakter yang berbeda dari manusia lainnya. Mungkin kita bertanya - tanya apa perbedaan dari pemimpin dan bos ? dan apakah kita lebih baik menjadi seorang pemimpin atau bos ? mari kita ulas bersama.

Pemimpin

Pemimpin


Pemimpin adalah seseorang yang mampu menggunakan sikap dan perilakunya untuk mengajak orang lain dapat saling bekerja sama dalam mencapai tujuan. Dari pengertian tersebut dapat kita lihat bahwa pemimpin tidak hanya sekedar memberi keputusan tetapi melainkan dia menggunakan sikap dan prilakunya untuk memberikan keputusan yang terbaik.

Bos

Bos


Bos adalah mengacu kepada atasan, yang secara terstruktur memiliki kewenangan dan kontrol terhadap bawahanya dalam suatu organisasi atau perusahaan.Biasanya predikat bos dalam oranisasi atau perusahaan terkait dengan struktur jabatan yang disandang seseorang. Dari pengertian tersebut memang bos memiliki hak kewenangan dan kontrol terhadap segala hal yang terjadi dalam suatu organisasi. Tetapi jika kita lihat dari segi bos yang sesungguhnya adalah orang yang menggunakan hak tersebut dengan bijak tanpa merendahkan atau menjatuhkan bawahanya.

Perbedaan Antara Pemimpin dan Bos

Bos biasanya menganggap bawahanya dapat diperintah apapun yang ingin dia suruh sedangkan Pemimpin menganggap bawahannya merupakan rekan kerja yang patut untuk di ajak kerjasama demi mencapai tujuan bersama.

Bos memberikan dan menetapkan sistem kerja yang harus dikerjakan oleh bawahanya sesuai dengan posisi atau jabatan masing – masing sehingga tidak adanya perkembangan yang dialami oleh bawahanya tersebut sedangkan pemimpin memberikan dorongan atau motivasi kepada bawahanya agar dapat bekerja lebih baik demi terciptanya tujuan.

Bos biasanya takut mengambil resiko dan yang terpenting posisi dia aman sedangkan pemimpin berani mengambil resiko serta kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Dari bahasan yang telah di jelaskan apakah anda telah menentukan ingin menjadi seorang pemimpin atau bos ? tentunya untuk menjadi pemimpin atau bos bukanlah hal yang mudah dan harus melalui perjuangan dan memiliki integritas yang baik agar organisasi tersebut dapat berjalan dengan baik sebagaimana mestinya, Sekian dan terima kasih.

Baca juga artikel ini 10 Tips jitu Untuk Memotivasi Karyawan
 

Related Posts

Lebih Baik Jadi Pemimpin atau Bos ?
4/ 5
Oleh