Sabtu, 05 November 2016

SERTIFIKAT IT YANG PALING DIBUTUHKAN DI INDONESIA


SERTIFIKAT IT YANG DIBUTUHKAN DI INDONESIA

Berkembangnya negara kita dibidang IT mempengaruhi kinerja para ahli IT kita untuk menguasai bidang/keahlian tertentu, apalagi di era globalisasi ini dengan majunya Teknologi tidak segan-segan perusahaan maupun instansi yang menginginkan pegawainya untuk memiliki keahlian di bidang tertentu dengan sertifikasi khusus. Sertifikat khusus tersebut nantinya akan didapatkan seseorang apabila mengikuti sebuah pelatihan khusus atau lebih tepatnya ujian khusus. Sekarang banyak ditemukan di kampus-kampus jurusan ilmu komputer atau informatika yang menyediakan layanan sertifikasi tersebut. Tidak lain tujuannnya untuk meningkatkan keahlian khusus seseorang dalam bidang IT dan nantinya akan mendapatkan Gelar seperti jika kalian pernah mendengar CCDA dari Cisco, MCSD dan MCAD dari Microsoft dan masih banyak lagi vendor-vendor yang menyediakan sertifikasi seperti “JAVA”, “ORACLE”, “Adobe”, “Vmware” dan banyak yang lainnya.
Lalu sertifikasi apa saja yang perusahaan atau instansi di Indonesia butuhkan? Sebelum itu sertifikasi dibagi menjadi dua yaitu Vendor Based dan Vendor Neutral.


1.       Vendor Based : Adalah salah satu sertifikasi IT yang disediakan atau dikeluarkan oleh vendor tertentu seperti contoh diatas tadi. Materinya yang diajarkan dan diujikan mengacu pada teknologi yang memang dikembangkan oleh vendor itu sendiri.
a.       Java
Adalah salah satu vendor Bahasa Pemrograman, vendor ini mengeluarkan 3 jenis sertifikasi yang bekerja sama dengan SUN. Sertifikasi tersebut tentunya dibedakan berdasarkan tingaktannya dari Level Basic sampai ke Advanced, sertifikat tersebuat adalah : Sun Certified Programmer (Basic), Sun Certified Developer (Menengah), Sun Certified Architect (Advanced). Sesuai tingkatannya atau level, sebelum mencapai level yang lebih tinggi seseorang harus menyelesaikan level sebelumnya. Misal untuk mendapatka Sun Certified Developer harus terlebih dahulu mengambil Sun Certified Programmer. Dan sesuai dengan nama Sertifikatnya, Sun Certified Programmer adalah sertifikasi untuk keahlian khusus dalam programming begitu juga dengan developing dan architect.
b.       Microsoft
Siapa yang tidak mengenal vendor yang satu ini. Khususnya untuk para developer vendor yang sudah dikenal banyak orang ini mengeluarkan 2 jenis sertifikat khususnya dibidang industri, yaitu : Microsoft Certification Applicatin Developer (MCAD) dan Microsoft Certified Solution Developer (MCSD).
Sertifikat MCAD dikhususkan bagi seseorang yang membutuhkan atau dibutuhkan dibidang industri dengan tujuan dapat mengimplementasikan, memaintain, mendeploy aplikasi web atau desktop berbasis Windows dengan skala kecil hingga menengah.
Sedangkan MCSD hampir sama dengan MCAD namun sertifikat IT ini lebih dikenal baik dikalangan industri, karena dengan memiliki sertifkasi ini seseorang telah dianggap mampu untuk meendemonstrasikan kemampuan perancangan, implementasi, dan administrasi untuk memimpin suatu organisasi menggunakan produk microsoft.
Selain itu Microsoft juga mengeluarkan 1 jenis sertifikat khusus untuk menguasai teknologi andalannya sendiri yaitu SQL Server. Microsoft Certified DBA (MCDBA) akan diberikan/mengakui kepada seseorang yang lulus dan menguasai kemampuan merancang, mengimplementasikan, melakukan administrasi,  database SQL Server. Untuk dapat lulus dan menerima sertifikat ini seseorang harus lulus 3 ujian inti yaitu Administrasi SQL Server, Perancangan DB SQL Server, serta Windows 2000/2003 Server dan 1 ujian pilihan.
c.       CISCO
Salaha satu vendor yang menyediakan banyak sekali sertifikasi. Sertifikasi tersebut juga dibedakan berdasarkan levelnya. Beberapa contoh sertifikasi IT yang disediakn oleh CISCO adalah :
CCENT (Cisco Certified Entry Networking Technician), adalah sertifikat yang diberikan kepada seseorang yang lulus dan mampu menginstall, mengoperasikan, troubleshooting jaringan perusahaan cabang dan testing keamanan jaringan
CCT (Cisco Certified Technician), adalah sertifkat yang diberikan kepada seseorang yang lulus dan ahli dalam mendiagnosa, restore, dan repair sistem jaringan menggunakan CISCO.
CCDA (Cisco Certified Design Associate), adalah sertifikat advance yang dikhususkan untuk seseorang yang ahli dalam mendesain jaringan untuk perusahaan tentunya dengan performa yang baik.
d.       ORACLE
Di tahun 2002, IDC Certified Report melaporkan bahwa vendor ini memiliki sertifikasi dengan kualitas yang paling dicari diperusahaan/instansi dalam bidang IT. Karena vendor tersebut adalah salah satu vendor yang bergerak dan berkembang dalam database maka sertifkat yang disediakan berkaitan dengan database. Seseorang yang akan menerima Sertifikat dari ORACLE adalah mereka yang lulus dalam menguasai teknologi dan solusi dalam menjalankan peran sebagai admin DB. Sertifikasi dari ORACLE juga dibedakan berdasarkan levelnya dari yang terbawah yaitu Oracle Ceritfied DBA Associate, Oracle Certified DBA Professional, Oracle Certified DBA Master.

Itulah beberapa sertifikasi yang dibutuhkan di bidang IT, dan masih banyak lagi.

2.       Vendor Neutral: Salah satu sertifikat yang disediakan oleh badan atau organisasi tertentu yang tidak terikat vendor manapun. Materi ujian luas dan tidak memusatkan kepada satu bidang ilmu. Namun sertifikat Vendor Neutral juga tidak kalah dengan sertifkat Vendor Based, Sertifikat ini memiliki rating yang lebih tinggi dari Vendor Based. Berikut adalah salah satu contohnya.
a.       CompTIA
Biasanya seseorang yang memiliki sertifikat dari CompTIA adalah orang yang sangat beruntung, karena sertfikat yang didapat dari CompTIA banyak dicari di dunia kerja. Salah satu sertifikatnya adala “A+”. Sertifikat ini didapatkan denga 2 kali ujian, ujian pertama (220-801) berupa ujian tentang dunia hardware, networking dan security, ujian kedua (220-802) berupa ujian tentang instalasi dan konfigurasi OS serta aplikasi/software. Salah satu soal ujian tersebut mempertanyakan tentang “Berapa frekuensi bus  terendah yang dimiliki Processor Intel Arandele?”. Dan karena teknologi terus berkembang sertifikat ini juga memiliki kadaluarsa atau masa berlaku selama 3 tahun, jika lebih dari itu harus diperbarui lagi.

Nah, menguntungkan bukan? Karena dengan memiliki sertifikasi kita menjadi lebih mudah dalam mencari pekerjaan, bahkan pekerjaan yang akan mencari kita. Maka kalian khususnya mahasiswa yang kuliah di bidang IT jangan ragu-ragu untuk mengambil salah satu sertifikasi, karena kalian masa depan untuk memajukan Perusahaan Negara kita di bidang IT.

Sumber:
www.kaskus.co.id/
www.ganjarsayogo.wordpress.com/
www.codepolitan.com/


Related Posts

SERTIFIKAT IT YANG PALING DIBUTUHKAN DI INDONESIA
4/ 5
Oleh