Rabu, 07 Desember 2016

5 StartUp Indonesia yang Mendunia



Perkembangan StartUp di indonesia semakin berkembang pesat . Apalagi semenjak Presiden Jokowi menggalangkan gerakan 1000 StartUp,dimana pemerintah mendukung penuh kegiatan StartUp ini . StartUp indonesia tidak hanya di segani di tingkat lokal,tapi juga hingga tingkat internasional. Berikut 5 StartUp Indonesia yang Mendunia :


1. Go-Jek



Go-jek adalah layanan ojek yang sedang di gandrungi di indonesia saat ini. Banyak yang lebih memilih ojek ini di bandingkan ojek convesional. Hal ini dikarenakan kemudahan dalam menggunakannya.  Go-jek ini sudah beroperasi sejak 2011 di Jakarta. Hingga saat ini sedikitnya ada sekitar 200.000 driver ojek yang bergabung di Go-jek.  Selain menyediakan layanan ojek, dalam aplikasinya Go-jek juga menyediakan berbagai layanan lainnya, seperti Go-Ride, Go-Courier, Go-Box, Go-Mart, Go-Massage, Go-Busway, Go-Food, Go-Clean dan Go-Glam.
Pada pertengahan tahun ini, Go-jek berhasil mendapatkan pendanaan sekitar Rp 7,2 triliun yang merupakan pendanaan terbesar untuk startup teknologi di Asia Tenggara.


2. Tokopedia


Startup marketplace ini diluncurkan pertama kali pada 2009.  Kini Tokopedia merupakan salah satu pemimpin e-commerce di Indonesia.  Tokopedia juga berhasil mencuri perhatian sejumlah funding dari luar negeri.  Bahkan Softbank dan Sequoia telah mengucurkan modal sebesar Rp 1,2 triliun untuk startup ini.

3. Kaskus

Kaskus merupakan sebuah forume dimana penggunanya begitu aktif memberikan thread.  Didirikan pada 6 Nopember 1999 oleh Andrew Darwis dan ke dua rekannya. Awalnya Kaskus hanya merupakan tugas kuliah,namun semakin berjalannya waktu kaskus banyak diminati oleh banyak orang. hingga 2009, Kaskus kebanjiran penghargaan diantaranya: “The Best Innovation in Marketing” dan “The Best Market Driving Company” oleh Marketing Magazine, dan “The Greatest Brand of the Decade” (2009-2010) oleh Mark Plus Inc. Selain itu, berdasarkan data Alexa untuk situs komunitas online, Kaskus berhasil berada di peringkat ke tujuh.

4. Kakatu


Didasari keprihatinan mengenai pengaruh teknologi digital terhadap anak-anak, startup ini didirikan pada 1 Februari 2014.  Kakatu merupakan aplikasi parental control yang berguna untuk menyeleksi, membatasi, dan mengawasi aplikasi apa saja yang boleh diakses oleh anak.
Kakatu berhasil melakukan kerjsama dengan Samsung Galaxy Tab 3V.  Aplikasi Kakatu ini  banyak digunakan oleh para orangtua, karena mudah digunakan dan memiliki fitur, seperti pengaturan waktu. Kakatu juga baru ini memenagkan penghargaan Bubu Awards v.09 sebagai startup terbaik.

5. Kitabisa


Startup Indonesia yang berjenis crowdfunding ini pertama kali diperkenalkan pada 6 Juni 2013. Kitabisa aktif melakukan penggalangan dana yang diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat.
Dengan aplikasi ini diciptakan suatu ekosistem online agar masyarakat dapat mudah memberikan bantuan yang pasti. Pengguna dapat memilih dua pilihan antara lain: pihak pendukung proyek atau pihak yang didukung. KitaBisa telah berhasil mengumpulkan dana Rp3,51 miliar, 174 inisiatif telah terdanai dan sebanyak 18,600 donatur telah bergabung. Aksi penggalangan dana yang berhasil meraup banyak dana diantaranya #ShaveForHope yang diperuntukan untuk penderita kanker, dan #MelawanAsap untuk korban-korban yang terkena kabut asap.

sumber

Related Posts

5 StartUp Indonesia yang Mendunia
4/ 5
Oleh