Jumat, 16 Desember 2016

7 SERTIFIKASI KEAMANAN INFORMASI PALING DICARI


Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, sistem informasi sekarang telah menjadi kebutuhan perusahaan-perusahaan untuk bersaing dalam dunia bisnis modern. Sejalan dengan permintaan pasar yang cepat dan bertumbuh pesat maka persaingan pun semakin sengit. Dengan kondisi seperti itu ancaman mengenai informasi yang ada terhadap perusahaan-perusahaan terus meningkat dan dibutuhkan keamanan informasi untuk melindungi sistem informasi yang ada.

Dengan keadaan yang seperti itu, maka sangat diperlukan seseorang dengan kompetensi yang baik untuk mencegah terjadinya tindakan kriminal dunia maya atau biasa disebut cyber crime. Sertifikasi keamanan informasi adalah penunjang seseorang untuk membantu mengatasi masalah kebocoran informasi.

Berikut adalah rekomendasi 7 sertifikasi keamanan informasi paling dicari di Indonesia. Langsung saja kita mulai dari yang pertama yaitu :

1. CISA (Certified Information Systems Auditor)

sumber: http://www.isaca-washdc.org/images/isaca/cisa_vertical.jpg

Sertifikasi keamanan informasi yang telah dipandang oleh dunia internasional yang menangani dalam bidang audit, control dan keamanan sistem informasi. Pemegang sertifikat CISA ini dihargai sebagai auditor sistem informasi yang berkualitas dan berkompetensi tinggi. Untuk lebih lengkapnya mengenai informasi sertifikasi CISA silahkan kunjungi situsnya disini (CISA).

2. CISSP (Certified Information System Security Professional)
 sumber: https://www.isc2.org/uploadedimages/credentials_and_certifcation/cissp/cissp-logo-2lines.png

Sesuai dengan namanya, sertifikasi keamanan informasi ini membutuhkan seseorang dengan pengalaman minimal 3 tahun di bidang keamanan informasi. Karena dengan profesionalitas yang tinggi seseorang calon pemegang sertifikasi ini harus bersih dari catatan kriminal sedikitpun. Selengkapnya mengenai informasi sertifikasi CISSP dapat dilihat disini (CISSP).

3. CEH (Certified Ethical Hacker)
 sumber: https://iclass.eccouncil.org/wp-content/uploads/2016/01/CEH-new.jpg

Sertifikasi keamanan informasi CEH ini lebih ke arah sistem jaringan komputer. Seseorang yang telah memiliki sertifikat CEH bertugas untuk menelisik sistem jaringan komputer dari sebuah organisasi dan mencari kelemahannya layaknya seorang hacker profesional. Informasi selengkapnya kunjungi situsnya disini (CEH).

4. CISM (Certified Information Security Manager)

 sumber: http://www.isaca.org/chapters7/Sacramento/PublishingImages/CISM%20Vertical.jpg


Setingkat diatas CISA sertifikasi keamanan informasi CISM ini lebih sesuai diambil oleh para Information System Manager atau mereka yang bergelut di dunia manajemen keamanan informasi. Sertifikasi keamanan informasi ini bersifat makro dan lebih memfokuskan pada information risk management. Kunjungi situsnya resminya disini (CISM).

5. CompTIA Security +
sumber: http://workforcecenter.slu.edu/upload/Security_plus.jpg

Pada sertifikasi keamanan informasi ini memiliki konsep keamanan komunikasi, infrastruktur, kriptografi dan keamanan informasi secara umum. Oleh karenanya pemegang sertifikat ini telah memiliki pemahaman mengenai konsep-konsep keamanan informasi tersebut. Situs resminya bisa diakses disini (CompTIA).

6. SCNS (Security Certified Network Specialist)
sumber:https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/31IzmWDR2NL._BO1,204,203,200_.jpg

Sertifikasi keamanan informasi ini lebih memfokuskan kepada defensif keamanan informasi komputer. Jadi pemegang sertifikat SCNS ini lebih fokus terhadap teknologi pengamanan perimeter jaringan seperti firewall, security router dan intrusion detection. Situs resminya dapat dikunjungi disini (SCNS).

7. CIW (Certified Internet Web)
sumber: http://www.ccntonline.com/upload/images/ciw_logo_sq.jpg
 
Ini adalah sertifikasi keamanan informasi yang dibutuhkan untuk pelaku e-business. Pemegang sertifikat CIW ini mampu mengimplementasikan solusi e-business lengkap dengan keamanan yang terjamin. Serta dapat mengidentifikasikan ancaman keamanan dan mengembangkan sistem penangkalnya. Informasi lengkapnya mengenai sertifikasi CIW ini dapat dilihat di situsnya (CIW).

Itulah rekomendasi 7 sertifikasi keamanan informasi paling dicari di Indonesia. Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai disini dulu pembahasan mengenai sertifikasi keamanan informasi, nantikan kembali artikel-artikel yang menarik selanjutnya.

Related Posts

7 SERTIFIKASI KEAMANAN INFORMASI PALING DICARI
4/ 5
Oleh