Selasa, 20 Desember 2016

Anda Programmer? Wajib mengetahui 5 Text Editor Ini!

Text Editor merupakan kebutuhan pokok utamanya bagi yang berkecimpung di dunia percodingan, umumnya aplikasi yang populer adalah yang sederhana dan tidak terlalu kompleks. Beberapa tools tersebut akan diulas dibawah ini.

1. Bluefish

Bluefish merupakan salah satu text editor yang paling populer dan terbaik untuk development hingga saat ini. Text editor yang ringan ini mendukung pengembangan HTML, XHTML, CSS, XML, PHP, C, Javascript, Java, SQL, Perl, ColdFusion, JSP, Python, Ruby dan Shell. Dirilis dengan lisensi GNU GPL, dan pengembangan proyek open source ini dapat berjalan di sebagian besar POSIX compatible OS termasuk Linux, FreeBSD, MacOS-X, OpenBSD dan Solaris.

2. Notepad++


Notepad++ bisa disebut merupakan peningkatan dari Notepad yang asli dimana memiliki hampir setiap fitur yang dapat di embed di teks editor. Versi gratis dari code editor ini mendukung banyak bahasa seperti C, C++, C#, Java, HTML, Javascript, CSS, PHP, Perl dan masih banyak lagi. Fitur dari editor ini diataranya : Auto Completion, Multiview, MultiDocument, Brace and Indent, Drag and Drop, Syntac Coloring dan masih banyak lagi. Kepopuleran editor ini terbukti dengan jumlah download hingga lebih dari 13 copy.

3. UltraEdit


Dengan pengguna lebih dari 2 juta user seluruh dunia, ini merupakan salah satu text editor yang powerful yang memiliki keleluasaan dan kemudahan dalam penggunaan. Dapat digunakan untuk HTML, PHP, Javascript, Perl, C, C++, dan masih banyak lagi jenis bahasa pemrogramman. Editor ini mampu bekerja sebagai text editor sederhana atau hex editor.

4. Notepad 2


Teks editor yang cepat dan ringan. Notepad 2 memiliki fitur yang istimewa, seperti Syntax Highlighting, HTML, XML, PHP, CSS, VBScript, Resourve Script, C, C++, Python, Bath Files, Apache Files dan masih banyak lagi. Memiliki kemampuan drag and drop tes. Fitur lainnya termasuk regular expression search, shortcuts, auto indent, lonh line marker dan lainnya.

5. Komodo Edit



Komodo IDE merupakan teks editor yang memenangkan penghargaan, dan memiliki kemampuan yang sangat bagus, gratis dan open source. Fiturnya adalah autocomplete, calltips, syntax coloring, syntax checking, Vi emulation dan masih banyak lagi. Editor ini berjalan di hampir semua  platform misal di Linux atau Mac atau Windows. Komodo Edit mendukung sebagian besar bahasa pemrograman seperti PHP, Ruby, Perl, HTML, dan bahasa template seperti RHTML, Django dan masih banyak lagi.


sumber

Related Posts

Anda Programmer? Wajib mengetahui 5 Text Editor Ini!
4/ 5
Oleh