Selasa, 20 Desember 2016

JAILBREAK : CYDIA PART 2

PART 1


Sebelumnya kita sudah membahas sampai Cydia dan sempat menyinggung juga package/tweaks di dalamnya. Untuk dapat mengenali Cydia di artikel berikut ini saya akan membahas tentang package/tweaks di Cydia.

Package biasanya tersedia dalam source dimana source tersebut berupa repositori yang nantinya akan kita tambahkan ke dalam cydia. Ketika repositori berhasil kita tambahkan biasanya kita akan menemukan package-package yang lainnya yang ada dalam repositori tersebut. “Repositori itu apa sih?”. Jadi repositori adalah sebuah website atau sebuah direktori (server) yang disediakan oleh pembuat aplikasi. Nah di dalam repositori tersebut terdapat package-package premium dan free. Untuk package premium biasanya pengguna melakukan pembayaran menggunakan paypal dengan bantuan akun Cydia, akun ini biasanya hanya digunakan untuk bertransaksi di Cydia Store. Nah bagi kalian yang ingin menjadi pengembang aplikasi atau developer kalian bisa saja berjualan aplikasi kalian di Cydia Store karena aplikasi ini bersifat open source, kalian hanya perlu menyediakan repositori untuk menyimpan package yang nantinya akan kalian jual. Package-package premium yang biasa dijual di Cydia biasa dijual adalah tema dan tweaks.

Pada artikel sebelumnya kita juga sudah memebahas perbedaan package antara aplikasi, dan tweaks di Cydia, lalu sebenernya yang membuat beda itu apa? Kasarnya adalah aplikasi itu ada iconnya di homescreen kalian kalau tweaks itu cuma bisa dirasakan. Package berupa aplikasi itu sama dengan aplikasi-aplikasi yang kalian gunakan sekarang, dapat dijalankan dan kalian lihat sekarang sedangkan tweaks itu adalah sesuatu yang berjalan di belakangnya seperti misal tweaks di Cydia yang menampilkan fitur save video pada youtube dan semcamnya. “Terus tema itu termasuk tweak atau bukan?”. Ya, tema juga termasuk tweaks di Cydia karena tema hanya dapat diaplikasikan ke dalam iDevice menggunakan package berupa aplikasi yang dapat mengotak-atik tampilan, salah satunya adalah tema itu sendiri.


Karena sedikitnya materi yang bisa saya sampaikan pada artikel ini dan hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, maka kita akan lanjutkan pembahasan jailbreaking di artikel berikutnya dengan topik yang lain.

Related Posts

JAILBREAK : CYDIA PART 2
4/ 5
Oleh