Selasa, 20 Desember 2016

JAILBREAK : CYDIA



Di artikel sebelumnya kita menyinggung tentang aplikasi pihak ketiga, tentang pelanggaran hak cipta, pembajakan dan hacking-hacking lainnya yang dapat menyebabkan pelanggaran hukum. Kalau begitu kita lanjutkan saja dari artikel sebelumnya.


Ya sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa tweak-tweak yang disediakan developer aplikasi pihak ketiga itu diluar konteks jailbreaking, jadi bagi pengguna iDevice yang menggunakan Jailbreak untuk pembajakan aplikasi dan hacking termasuk pelanggaran hukum. Di dalam Jailbroken iDevice terdapat aplikasi open source bernama “Cydia”, Nah si Cydia inilah yang nantinya akan menyedia berbagai macam tweak untuk memodifikasi iDevice kita. Sedikit membahas Cydia, aplikasi ini di rilis pada Maret 2008 oleh Jay Freeman (a.k.a Saurik). Nah karena aplikasi ini bersifat open source setiap orang bisa memasukan aplikasi-aplikasi third party tadi ke dalam Cydia, baik itu bersifat premium atau free. Sekilas sama persis dengan AppStore pada Apple tapi bedanya hanya Cydia adalah versi open source nya. Nah bedanya kalau Cydia adalah semua yang dapat di install melalui Cydia disebut sebagai package atau jika di AppStore disebut sebagai aplikasi. Tetapi tidak semua dapat disebut aplikasi (Semua aplikasi yang ada di Cydia disebut package tetapi semua package belum tentu aplikasi) malainkan tweaks.

Lebih dalam lagi menuju Jailbreak, sebelumnya juga sudah di katakan bahwa Jailbreaking bukan pertanyaan lagi, karena Jailbreaking sendiri memiliki tipe-tipe pengguna yang berbeda. Cydia di sini berperan sangat penting dalam iDevice yang sudah Jailbroken karena dengan Cydia dapat menentukan kategori penggunanya apakah User, Hacker, Developer. Ketiga kategori tersebut dibedakan karena fitur-fitur yang nantinya akan ditampilkan akan disesuaikan dengan kategori.

  • User kategori ini hanya dapat menginstall package/tweaks yang ada di cydia.
  •  Hacker sama seperti user namun ditambah dengan fitur comandline.
  • Developer adalah full access category, kategori ini mempunyai semua fitur dan juga program tambahan untuk pengembang aplikasi saja. 


Nah ini alasannya kenapa semua konten pembajakan dan hacking jauh diluar konteks Jailbreaking, semua sebenarnya tergantung pada penggunanya mau menggunakan dengan bagaimana.


PART 2

Related Posts

JAILBREAK : CYDIA
4/ 5
Oleh