Selasa, 20 Desember 2016

JAILBREAK : FUNDAMENTAL



                Sudah bukan pertanyaan lagi bagi para pengguna iDevice untuk melakukan Jailbreak atau tidak. Pasalnya Jailbreak sendiri sudah memiliki kegunaan yang berbeda pada masing-masing pengguna iDevice. Tapi daritadi kita bahas Jailbreak, sebenarnya apasih Jailbreak itu sendiri? 



                Jailbreak mempunyai arti yang hampir sama dengan istilah “root” pada android. Ya, Jailbreak adalah pemberian hak akses penuh terhadap file sistem iOS kepada pengguna iDevice. Mungkin anda mulai berfikir kalau “iOS kan device yang eksklusif, klo kita bisa mendapat akses penuh terhadap file sistem iOS, artinya kita dapat menginstall aplikasi tidak resmi Apple dong?” ya benar sekali, salah satunya pengguna iDevice yang sudah Jailbroken biasanya agar dapat menginstall aplikasi pihak ketiga (third-party apps) ke dalam iDevice nya. Nah dari penjelasan tersebut kesimpulannya adalah kita dapat memodifikasi iDevice kita.  

                “Lalu pertanyaannya apakah Jailbreak itu Legal?” Kebanyakan orang awam baik pengguna maupun bukan pengguna iDevice terkadang menanyakan pertanyaan tersebut, dan khususnya pengguna iDevice yang ingin Jailbreak iDevice nya. Jadi, teman-teman sekalian, JAILBREAK ITU LEGAL. Sekali lagi, JIAILBREAK ITU TIDAK ILLEGAL. Sejak tahun 2012 silam Jailbreak sudah legal, hal tersebut di umumkan dalam “Library of Congress made an exemption to the Digital Millennium Copyright Act” oleh Digital Millennium Copyright Act (DMCA) bahwa pengguna iDevice diperbolehkan Jailbreak iDevice nya, Namun dalam hal tersebut tidak disebutkan bahwa iPad tidak di legalkan dalam Jailbreak. Ya artinya klo kalian punya iPad dan sudah dalam kondisi Jailbreak itu melanggar hukum, tapi pada tahun 2015 akhirnya kebijakan tersebut diperbarui dan Jailbreaking untuk semua perangkat iDevice dilegalkan. “Tapi kan pengguna iDevice yang sudah Jailbroken dapat membajak sebuah aplikasi berbayar dll, apa itu tidak menyebabkan Jailbreak menjadi illegal?” ada banyak jenis hacking di dunia ini dan kebanyakan pasti itu melanggar hukum. Keluar dari konteks Jailbreak, pembajakan sendiri memang melanggar hukum, tapi kita sudah menjelaskan di awal bahwa pengguna iDevice yang sudah Jailbroken menggunakan iDevice nya untuk keperluan tertentu. Bahkan aplikasi developer aplikasi pihak ketiga pun memasang tarif untuk menggunakan aplikasinya. Jadi intinya pembajakan itu tidak termasuk dalam Jailbreak ya teman-teman.

Related Posts

JAILBREAK : FUNDAMENTAL
4/ 5
Oleh