Sabtu, 17 Desember 2016

Kesaktian Fiber Optik

Serat Fiber Optic

Jaringan Kabel Fiber Optik

Hai guys, kali ini saya akan mengshare informasi yang tidak kalah penting dari artikel saya sebelum - sebelumnya. Hari ini saya akan membahas topik yang terkenal yaitu Kabel Fiber Optik. Apakah nama tersebut asing bagi kalian ? Haha, tentunya tidak lagikan, mengapa ? karena zaman telah modern. Oke tidak perlu basa - basi lagi, saya akan menjelasakannya langsung :

1. Penjelasan Kabel Fiber Optik

Kabel Fiber Optic

Kabel Fiber Optik atau juga ada yang memanggilnya Serat Optik, yaitu merupakan saluran transmisi atau yang serupa kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan juga lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ketempat lainnya. Sumber cahaya yang biasa digunakan ialah LED atau sinar Laser. Kurang lebih kabel ini berdiameter sekitar 120 mikrometer, sehingga cahaya yang berada di dalam serat optik tidak akan keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar dari pada indeks bias dari udara, karena laser memiliki spectrum yang sangat sempit. Kecepatan serat optiknya yang sangat tinggi sehingga bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.

2. Komponen Kabel Fiber Optik

Komponen Fiber optik dibagi menjadi 3 yaitu :
komponen Fiber Optic

1. Core (Inti)

Core atau biasa disebut Inti, yaitu kabel yang berada tepat di tengah - tengah Fiber Optik yang terbuat dari serat kaca. Pada umumnya core ini memiliki diameter sekitar 2 μm – 50 μm, tergantung dari jenis serat optiknya. Ukuran core ini dapat berpengaruh pada kualitas dan kemampuan dari sebuah kabel Fiber Optik. Fungsi Core ini adalah sebagai tampat berlangsungnya perambatan cahaya dari satu ujung kabel ke ujung kabel lainnya, sehingga proses pengiriman cahaya dapat dilakukan.

2. Cladding (Jaket)

Cladding atau biasa disebut Jaket, merupakan lapisan yang menyelubungi core pada kabel Fiber Optik. Indeks bias yang dihasilkan cladding lebih kecil dari pada bias yang dihasilkan oleh core, sehingga hubungan indeks bias antara core dan cladding akan mempengaruhi perambatan suatu cahaya pada core. Diameter cladding sendiri berkisar antara 5 μm – 250 μm yang multifungsi sebagai pelindung core sekaligus menjadi cermin yang terpancar keluar kembali ke dalam core.Cladding merupakan bagian yang punya peran penting karena cladding inilah cahaya dapat merambat dalam core serat optik. Mantel (Coating) ialah bagian luar setelah cladding , terdapat mantel atau coating yang umumnya terbuat dari bahan plastik juga. Adapun fungsi coating pada kabel fiber optik ialah sebagai pelindung mekanis yang menjagai serat optik tersebut dari kerusakan yang dapat terjadi karena lengkungan kabel ataupun gangguan luar lainnya seperti kelembaban pada suatu tempat. Coating ini memiliki warna yang beragam untuk mempermudah dalam penyusunan urutan core.

3. Strenght Member  Outer Jaket

Strength Member (material penguat) dan Outer Jacket (jaket luar) merupakan lapisan paling luar dari sebuah kabel Fiber Optik. Fungsi atau kegunaannya pastinya saja sebagai pelindung yang menjaga kabel dari gangguan luar yang bisa menyebabkan kerusakan pada bagian core (inti) dari kabel Fiber Optik.

Baca Artikel Terkait : Kelebihan Dan Kekurangan Kabel Fiber Optik

Kabel Fiber Optik ialah salah satu jenis kabel yang digunakan sebagai media transmisi, dengan kelebihan yang lebih unggul dari pada jenis kabel yang lain maka kabel fiber optic memiliki harga jual yang relatif lebih mahal.

 
Baca Juga Artikel Lainnya :

Semoga Pengetahuan yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya dikemudian hari. Tingal KOMENTAR Jika ada yang ingin di tanyakan. 

Related Posts

Kesaktian Fiber Optik
4/ 5
Oleh