Sabtu, 17 Desember 2016

4 Hal Yang Wajib Dihindari Saat Memulai Bisnis

Hal Yang Wajib Dihindari Saat Memulai Bisnis

Memulai Bisnis adalah suatu hal yang bisa dibilang susah-susah mudah. Sudah banyak pebisnis yang memulai bisnisnya hanya dari iseng-iseng semata namun bisa berhasil, ada juga pebisnis yang sudah merencanakan dengan matang bisnisnya namun tidak dapat berkembang bahkan mengalami kegagalan. Tindakan tepat yang harus dilakukan adalah lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan, terus mencari pengetahuan dan informasi seluas-luasnya di bidang bisnis yang dijalankan. Beberapa hal yang wajib anda hindari saat memulai bisnis, adalah:
  1. IDE KURANG SOLUTIF
    Pada dasarnya, memulai bisnis adalah mulai memecahkan permasalahan yang ada disekitar untuk dijadikan solusi yang akan dijual. umumnya memulai bisnis dilakukan ketika seseorang menginginkan kebebasan dalam berkreasi dan hal lainnya. Padahal, bisnis sendiri memerlukan waktu untuk merancang strategi yang nantinya akan berguna dalam menjalankan bisnis di kemudian hari. Dalam kondisi ini, keputusan yang dipilih akan sangat berpengaruh dalam keberlangsungan bisnis yang akan dijalankan, baik dari segi modal, tenaga kerja, sistem bisnis dan lainnya. Dan yang paling penting dalam dunia bisnis adalah "Tidak ada bisnis yang menjadikan Anda kaya dalam sekejap". Maksudnya adalah, Anda tidak diperbolehkan untuk terburu-buru dalam mengambil keputusan, karena yang sering terjadi, pebisnis bisa menjadi sangat panik dan berpikir harus segera menghasilkan uang untuk mengembalikan modal awal mereka.

  2. TIDAK MEMILIKI RENCANA JANGKA PANJANG
    Pebisnis perlu membuat strategi kedepan selama 1 tahun perta guna mempersiapkan apa saja yang harus dilakukan. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki ide kongkret untuk membuat bisnis anda tetap pada jalur yang seharusnya. Untuk itu,diperlukan langkah-langkah yang jelas dalam mencapai strategi yang telah dibuat. Bila Anda tak melakukan riset pasar yang memadai, kegagalandan kerugian finansial jelas bakal dialami. Bisnis yang tumbuh berkembang  secara konstan melakukan penemuan-penemuan baru, memperbaiki, dan mengembangkan produk serta pelayanannya.Juga selalu mencari solusi lain untuk meningkatkan pendapatannya.

  3.  TIDAK MEMPUNYAI KETERAMPILAN MENGELOLA YANG BAIK
    Pada dasarnya dalam bisnis juga memerlukan tenaga kerja yang nantinya akan menjalankan bisnis itu sendiri, oleh karena itu Anda harus dapat melakukan wawancara saat mencari pegawai, mempekerjakannya dengan baik, dan yang paling penting adalah mengelola agar pegawai tersebut mampu mengejakan pekerjaannya dengan baik. Anda perlu memiliki keterampilan memimpin untuk memotivasi pegawai agar tidak putus asa bila mengalami masalah-masalah. Pemimpin yang senang memperhatikan pegawai yang perlu di beri nasihat, hasilnya juga akan positif. Di kondisi ini pemimpin dituntut untuk tetap profesional dan sabar.

  4. TIDAK MEMILIKI RENCANA CADANGAN
    Sebagai seorang pengusaha, Anda dituntut untuk bisa mempersiapkan diri untuk hal-hal yang mungkin belum terfikirkan oleh Anda sebelumnya. Permasalahan yang tidak anda perkirakan sebelumnya dapat berdampak panjang dalam bisnis anda, pada akhirnya permasalahan tersebut bisa saja membuat bisnis anda gagal. Intinya, Anda harus mempersiapkan diri untuk hal yang terburuk yang mungkin saja terjadi. Siapkan dengan matang rencana cadangan anda yang bisa menyelesaikan masalah-masalah yang timbul. Jadi, jika gagal di rencana A, Anda masih bisa menjalani rencana B, dan seterusnya. Dengan demikian Anda dapat menyiapkan segala sesuatu nya secara matang sebelum perusahaan yang baru Anda rintis hancur berantakan. Keputusan-keputusan yang akan diambil juga harus disiapkan secara matang untuk menjamin jika keputusan tersebut berjalan secara efektif.

Related Posts

4 Hal Yang Wajib Dihindari Saat Memulai Bisnis
4/ 5
Oleh