Selasa, 20 Desember 2016

Mengenal Ruby on Rails, Framework yang Digemari Saat Ini



Beberapa dari anda mungkin masih ada yang belum mengetahui mengenai Framework ini . Mungkin Framework yang sudah anda kenal seperti bootstrap,codeigniter dll. Namun ada satu framework yang akhir-akhir ini sangat di gandrungi oleh para programmer. Yaitu Ruby on Rails. Sebelum Masuk ke Ruby on Rails kita harus mengetahui apa itu Ruby.Untuk lebih jelasnya anda bisa baca pada artikel sebelumnya di sini .

Rails merupakan web framework yang dibuat dengan bahasa pemrograman Ruby, dikembangkan pertama kali oleh David Heinemeier Hansson pada tahun 2003.  Rails juga open source tapi dengan lisensi MIT.

Rails menggunakan konsep MVC, singkatan dari Model View Controller, sehingga memudahkan programmer dalam melakukan manajemen codes. Silakan baca mengenai MVC arsitektur di
Penjelasan MVC menurut Wikipedia.

Kemudian, kenapa sih banyak programmer yang menggunakan Ruby on rails sekarang ini ?

Berikut ini adalah alasan - alasan utamanya:


  • Dirancang untuk memudahkan programmer melakukan konfigurasi karena Ruby on Rails menggunakan prinsip "Convention Over Configuration". Dengan prinsip ini programmer tidak usah terlalu repot untuk melakukan seting aplikasi seperti koneksi ke database, karena sudah ada mekanisme yang disediakan dan cukup mudah karena tinggal mengisi nama tipe server database yang digunakan ( mysql / oracle / sql server / postgresql / etc ), mengatur nama database, username, password dan host .


  • Menggunakan prinsip "DRY ( Do not Repet Yourself )", yang intinya adalah efisiensi dalam manajemen codes.


  • Mempunyai komunitas yang besar, dengan 2500++ kontributor resmi dan 41.000++ gems / plugin yang dibuat. Gem / Plugin bisa dikatakan sebagai "external library" yang bisa dimasukan ke aplikasi. Dengan besarnya komunitas ini, maka programmer memiliki banyak pilihan solusi ketika menghadapai permasalah. Kemudian, dengan banyaknya gems / plugins tersebut, programmer dapat lebih menghemat waktu development lagi karena tidak usah selalu membuat aplikasi dari awal, tapi bisa memanfaatkan gems / plugins tersebut sesuai keperluan.

  • Sudah terintegrasi dengan ORM library yang beranama ActiveRecord, sehingga untuk melakukan query ke database lebih mudah. Misalnya kita punya table users dan model User, maka untuk menampilkan semua data dari table users cukup dengan User.all




Related Posts

Mengenal Ruby on Rails, Framework yang Digemari Saat Ini
4/ 5
Oleh