Minggu, 04 Desember 2016

PENGERTIAN DAN JENIS - JENIS MIKROTIK

Bagi seorang engineering dalam bidang IT ataupun yang berhubungan dengan jaringan komputer pasti tidak asing dengan yang namanya Mikrotik. Namun bagi mereka yang baru masuk dalam dunia IT maupun jaringan komputer pasti bertanya “MikroTik itu apa sih?” , “Apakah sesuatu dalam IT yang sangat kecil?” dan masih banyak lagi pertanyaan dalam hal ini. Maka dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang apa itu MikroTik dan jenis – jenisnya.

Pengertian Mikrotik







Apasih MikroTik itu? Apakah sebuah aplikasi? MikroTik adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi perangkat keras dan lunak (hardware & software) yang berhubungan dengan Jaringan Komputer. Lokasi perusahaan MikroTik ini berada di Latvia, bersebelahan dengan negara Rusia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1995 untuk mengembangkan router dan sistem Internet Service Provider (ISP) nirkabel.

Jenis – Jenis MikroTik

1. MikroTik RouterOS












“Apasih MikroTik RouterOS ini? Apakah Sebuah aplikasi?” MikroTik RouterOS adalah sebuah sistem operasi yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.

Mikrotik RouterOS Ini adalah versi MikroTik dalam bentuk perangkat lunak yang dapat diinstall di PC. File image MikroTik RouterOS dapat diunduh di website resmi MikroTik, www.mikrotik.com. Namun, itu hanya versi trial MikroTik yang hanya dapat digunakan dalam waktu 24 jam saja. Untuk dapat menggunakannya secara full time, kita harus membeli lisensi key.

2. MikroTik RouterBoard

















“Apakah ini sebuah aplikasi juga?” Mikrotik routerboard adalah sebuah routerboard seperti sebuah pesonal computer (pc) mini yang terintegrasi karena dalam satu board tertanam prosesor, ram, rom, dan memori flash. Routerboard menggunakan os rputerOS yang bergunsi sebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server dan hotspot server.

Dalam routerboard ini pengguna langsung dapat memakainya, tanpa harus melakukan instalasi sistem operasi. Router ini dikemas dalam beberapa bentuk dan kelengkapannya sendiri-sendiri. Ada yang difungsikan sebagai Indoor Router, Outdoor Router maupun ada yang dilengkapi dengan wireless route.

Related Posts

PENGERTIAN DAN JENIS - JENIS MIKROTIK
4/ 5
Oleh