Minggu, 18 Desember 2016

PENGERTIAN DHCP DAN CARA KERJANYA

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang apa itu DHCP? bagaimana kah cara kerjanya? dan untuk lebih jelasnya akan saya bahas di bawah ini. 

Pengertian DHCP
Pengertian DHCP merupakan singkatan dari Dynamic host configuration protocol. Pengertian DHCP adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. 



Cara Kerja DHCP
DHCP server umumnya memiliki sekumpulan alamat yang dizinkan untuk didistribusikan kepada client yang dikenal sebagai DHCP pool. Setiap client kemudian akan menyewa alamat IP dari DHCP pool, dengan waktu yang ditentukan oleh DHCP biasanya hingga beberapa hari. Biasanya waktu penyewaan alamat IP tersebut habis masanya, client akan meminta ke server untuk memberikan IP yang baru.

DHCP client akan mencoba untuk mendapatkan "penyewaan" alamat IP dari sebuah DHCP server dengan proses dibawah ini.

  • DHCPDISCOVER: DHCP client akan menyebarkan request secara broadcast untuk mencari DHCP server yang aktif.
  • DHCPOFFER: Setelah DHCP server mendengar broadcast dari DHCP client, kemudian DHCP server menawarkan sebuah alamat kepada DHCP client.
  • DHCPREQUEST: DHCP client meminta DHCP server untuk menyewakan alamat IP dari salah alamat yang tersedia dalam DHCP pool pada DHCP server yang bersangkutan.
  • DHCPACK: DHCP server akan merespons permintaan dari client dengan mengirimkan paket acknowledgment. Selanjutnya DHCP server akan menetapkan menetapkan sebuah alamat kepada client , dan memperbarui basis database miliknya. Terakhir client akan mulai memproses binding dengan tumpukan protokol TCP/IP dan karena sudah memiliki alamat IP, client pun dapat memulai komunikasi pada jaringan.
Empat tahap diatas berlaku pada client yang belum mempunyai alamat IP. Untuk client yang sebelumnya sudah pernah meminta alamat ke DHCP server yang sama, hanya pada proses 3 dan 4 yang akan dilakukan, yakni tahap pembaruan alamat (address renewal), yang pasti lebih cepat prosesnya.

Related Posts

PENGERTIAN DHCP DAN CARA KERJANYA
4/ 5
Oleh