Minggu, 18 Desember 2016

PENGERTIAN IP ADDRESS DAN FUNGSINYA

Bagi seseorang yang berada pada jurusan IT atau Teknik Informatika pasti tidak asing dengan nama IP address. Namun, kali ini saya akan membahasnya tentang pengertian dari ip address dan apa saja fungsinya.

Pengertian IP Address

IP Adress merupakan deretan bilangan biner di antara 32 bit hingga 128 bit yang dipakai sebagai media untuk mengidentifikasi untuk setiap perangkat komputer yang terhubung pada jaringan komputer (intranet / internet). Bilangan biner 32 bit dipakai untuk setiap IP Address versi IPv4, sedangkan bilangan biner 128 bit digunakan untuk setiap versi IP Address IPv6.
IP Address nantinya akan berguna sebagai data identifikasi setiap device (komputer dan perangkat lainnya) yang terhubung ke jaringan komputer yang memanfaatkan internet protocol sebagai media penghubungnya.

Fungsi IP Address

Membaca tulisan di atas, mungkin anda sudah paham apa fungsi ip address. Berikut saya berikan beberapa fungsi ip address di dalam jaringan komputer.
1. IP Address di gunakan  untuk mengidentifikasi host antarmuka jaringan
Fungsi ip address dapat di ilustrasikan ibarat nama seseorang yang di buat untuk mengidentifikasi. Hal yang sama berlaku pada komputer, nama tersebut di gunakan untuk menganali suatu device dalam lingkup jaringan.
2. IP Address di gunakan sebagai alamat lokasi jaringan
Ip address juga dapat di ilustrasikkan seperti alamat rumah yang menunjukkan suatu lokasi berada. Dalam proses mengirim dan menerima paket data, ip address mengidentifikasi keberadaannya, sehingga dalam rute pengiriman dapat berhasil sampai ke penerima dengan benar dan terhindar dari salah alamat.

Related Posts

PENGERTIAN IP ADDRESS DAN FUNGSINYA
4/ 5
Oleh