Senin, 05 Desember 2016

TINGKAT SERTIFIKASI DALAM MIKROTIK

Pada topik kali ini saya akan membahas tentang tingkatan sertifikasi dalam MikroTik. Dalam dunia IT sertifikasi sangatlah penting karena akan menjadi nilai lebih untuk seseorang yang memegang sertifikasi tersebut. Untuk mendapatkan sertifikasi dalam bidang MikroTik harus dimulai dengan yang Basic, misalnya yaitu jika kita ingin mendapatkan sertifikasi MTCRE kita sebelumnya harus lulus terlebih dahulu dalam sertifikasi MTCNA dan begitu seterusnya.



Sertifikasi mikrotik biasanya diselenggarakan oleh lembaga training yang telah bekerja sama oleh MikroTik. Dalam hal ini mikrotik sendiri memiliki 4 level yang mencakup, yaitu :
1. Level Pengenalan
2. Level Dasar
3. Level Advance
4. Level Expert

Dan untuk materi dalam sertifikasi mikrotik sendiri terdapat 6 materi, yaitu :

1. MTCNA – MikroTik Certified Network Associate (Basic Essentials)

MTCNA merupakan sertifikasi basic yang wajib dimiliki sebelum melanjut ke sertifikasi selanjutnya. Materi yang dibahas dalam MTCNA meliputi pengenalan dasar semua fitur yang ada pada MikroTik itu sendiri, serta implementasi dalam penggunaan fitur – fitur tersebut.

2. MTCWE – MikroTik Certified Wireless Engineer (Wireless)

Pada tahap ini MTCWE banyak membahas tentang wireless yang ada pada device mikrotik. Materi yang meliputi, yaitu : Wireless Fundamental, Wireless Tools, WDS dan MESH, Troubleshooting Wireless clients, Wireless Security, Wireless Advance Setting, Transparent Bridge, Nstreme Protocol.

3. MTCRE – MikroTik Certified Routing Engineer (Routing)

Pada sertifikasi MTCRE akan lebih banyak mendalami tentang Routing baik routing statis maupun dinamis. Materi yang meliputi, yaitu : Static Route, Policy Route, Route Mark, OSPF, Simple RIP, MME, Simple BPG, Tunnel & VLAN.

4. MTCTCE – MikroTik Certified Traffic Control Engineer (Traffic Control)

Pada tahap ini sudah terbilang advance karena pokok pembahasannya akan lebih sulit dari sebelumnya. Materi yang meliputi, yaitu : Advanced Firewall (connection tracking, mangle, filter, nat, address-list), Advance DHCP and IP Pool, Advance Web Proxy, Intrution Detection System, Advance Qos (Queue Tree, HTB, Burst).

5. MTCUME – MikroTik Certified User Management Engineer (User Manager)

Kalau pada sertifikasi sebelumnya terbilang sulit, maka untuk sertifikasi kali ini bisa dikategorikan sangat sulit. Karena pembahasannya juga lebih banyak dan ini merupakan tahap expert. Materi – materi yang terdapat pada MTCUME, yaitu : PPP Profile, PPP Secret, IP Pool, PPTP dan L2TP, User Manager, PPTP Client & Server Configuration, L2TP Client & Server Configuration, PPPoE Server & Client, Interface ECMP, PPP Bridging, L2TP with EoIP, VPLS, or BCP, Multilink Protocol, MLPPP, IPSec, Hotspot Login Method, Hotspot Use and Monitoring, Hotspot Profile, Hotspot Bypass, Radius Client & Server.

6. MTCINE – MikroTik Certified Inter-networking Engineer (Inter Networking)

Bagi mereka yang telah memiliki sertifikat MTCINE ini maka pasti mereka telah memiliki 5 sertifikasi sebelumnya karena ini merupakan level tertinggi untuk sertifikasi MikroTik. Bisa di bilang mereka yang telah memiliki ini adalah orang orang expert network terutama dalam MikroTik. Pokok pembahasan MTCINE hanya berfokus pada materi routing BPG dan ke arah MPLS yang di bahas secara detail dan medalam.



Related Posts

TINGKAT SERTIFIKASI DALAM MIKROTIK
4/ 5
Oleh