Senin, 14 November 2016

7 Alasan Kenapa Anda Harus Menjadi Seorang Pemimpin

Dalam berkelompok, beroraganisasi, dan bernegara tentunya dibutuhkan seorang pemimpin. Pemimpin memiliki posisi yang sangat vital, seluruh keputusan dan kebijakan ditentukan oleh dirinya. Pemimpin adalah seseorang yang mampu menggunakan sikap dan perilakunya untuk mengajak orang lain dapat saling bekerja sama dalam mencapai tujuan. Jika anda memiliki keinginan untuk menjadi seorang pemimpin sebaiknya anda memiliki prinsip seperti berikut :

1. Mencapai Tujuan
   

Tujuan merupakan hal yang paling dinginkan oleh suatu organisasi. Dengan adanya tujuan tentu akan menimbulkan motivasi, kerja keras, dan keinginan yang kuat untuk mencapai tujuan tersebut, sehingga jika tujuan tercapai maka akan menjadi suatu prestasi bagi organisasi tersebut, terutama bagi seorang pemimpin.

2. Membantu Orang Lain
Membantu

Dalam menjalankan roda suatu organisasi, seorang pemimpin pasti memiliki orang dibelakangnya seperti pegawai, mitra kerja, dll. Disinilah peran seorang untuk meuntun, mengajarkan, menyediakan kebutuhan, serta feedback untuk orang tersebut demi kepentingan bersama.

3. Mempunyai rasa tanggung jawab

Tanggung Jawab


Menjadi seorang pemimpin tentu akan menimbulkan rasa tanggung jawab untuk membawa organisasi tersebut dalam mencapai tujuan. Dengan adanya rasa tanggung jawab tersebut tentunya otomatis akan menimbulkan rasa kewibawaan dan kedewasaan dalam kepribadian seorang pemimpin.

4. Menjaga Kepercayaan

Kepercayaan

Kepercayaan merupakan suatu hal yang sangat berharga untuk siapapun termasuk seorang pemimpin. Kepercayaan orang lain yang bekerja sama dengannya akan muncul dengan sendirinya, jika pemimpin tersebut dapat konsisten serta dapat mengatur atau mengelola organisasi tersebut ke arah yang baik dalam mencapai tujuan.

5. Menjadi Contoh Teladan

Teladan

Menjadi seorang pemimpin harus mempunyai wibawa dan kedesipilinan yang baik dihadapan pegawai, tujuannya yaitu untuk memberikan contoh teladan yang baik kepada pegawainya sekaligus menyadarkan pentingya kode etik dalam organisasi.

6. Menjadi Orang Yang Tegas dan Adil

Tegas dan Adil

Salah satu kriteria pemimpin yang baik adalah memiliki jiwa yang tegas pada pendirian dan adil terhadap pegawainya. Oleh sebab itu seorang pemimpin akan sangat memperhatikan hal tersebut dalam menjaga keharmonisan dalam organisasi.

7. Mendapatkan Rasa Hormat
Rasa Hormat

Pegawai akan menimbulkan rasa hormat terhadap pemimpinya, jika pemimpin tersebut memiliki rasa rendah hati dan menghargai satu sama lain tanpa membedakan ras, agama, suku, dan budaya yang di anut. Sikap ini merupakan hal yang harus anda terapkan dalam berorganisasi.


 
 

Related Posts

7 Alasan Kenapa Anda Harus Menjadi Seorang Pemimpin
4/ 5
Oleh