Sabtu, 12 November 2016

Mahasiswa Bisa Menjadi Pahlawan Devisa ?


Mahasiswa dan jiwa entrepreneurship merupakan 2 hal yang saling berkaitan . Mahasiswa yang mempunyai jiwa entrepreneurship sangat cocok untuk menjalani bisnis .  Banyak hal yang bisa dilakukan mahasiswa untuk memajukan bangsa .Dari segi bisnis Yang sekarang populer adalah bisnis online. Ini merupakan implementasi e-Business yang tepat bagi mahasiswa .Perbedaan antara model bisnis tradisional dan online terletak pada sarana penjualannya,jika penjulan tradisional dilakukan secara langsung dan hanya bisa traksaksi di satu tempat,berbeda dengan bisnis online yang transaksinya bisa di lakukan di mana saja .Untuk lebih jelas saya akan menjelaskan Perbandingan antara model bisnis tradisional dan online/digital.

1. Modal

Hal paling penting dalam memulai sebuah usaha atau bisnis adalah modal.Bayangkan jika tidak ada modal,pasti suli tkita untuk memulai sebuah bisnis. Banyak orang yang mengurungkan niatnnya untuk memulai sebuah bisnis karena tidak mempunyai modal.Tidak banyak juga orang yang sudah memiliki modal untuk memulai bisnis,kemudian ketika bisnisnya jalan harus terhenti di tengah jalan gara - gara kehabisan modal dan mendapat banyak rugi,Hal-hal tersebut membuat banyak pengusaha yang gulung tikar.Nah,permasalahan – permasalahan di atas tidak akan anda temui ketika berbisnis online. Bisnis online hanya bermodalkan modem,Personal Computer/Laptop dan paket data  anda sudah bisa memulai sebuah usaha.Bandingkan dengan Bisnis ofline,contohnya jika kita ingin menjual baju. Dalam menjual baju tersebut kita harus membutuhkan modal yang banyak,di antaranya adalah kita harus membutuhkan biaya sewa untuk penyewaaan toko tempat kita menjual baju tersebut,belom lagi biaya operasional sperti air,listri,lampu dan lain – lain. Hal tersebut akan sangat banyak membutuhkan modal. Bayangkan saja kita sebagai mahasiswa tentu akan sulit untuk mendapatkan modal yang banyak. Kita saja masih bergantung dengan orang tua. Dengan bisnis online kita bisa tidak membutuhkan banyak modal.Inilah salah satu faktor penting kenapa mahasiswa lebih memilih bisnis dengan cara online.

2. Bisnis online bisa di lakukan dimana saja

Ini merupakan kelebihan yang menonjol dari bisnis online di bandingkan dengan bisnis offline atau tradisional. Kalau di bisnis offline kita harus melakukan transaksi jual beli di pasar atau toko berbeda dengan bisnis online, kita bisa melakukanya di mana saja.Kita bisa melakukan transasi bisnis dari depan laptop bahkan ketika kita di jalan,kita juga bisa melakukan transaksi bisnis. Jadi kita tidak perlu repot untuk melakukan sebuah transaksi penjulan.

3. Praktis

Ini merupakan salah satu kemudahan dalam berbisnis online. Di dalam bisnis tradisional kita harus  pergi ke toko untuk membeli baju atau celana,ini tidaklah praktis.Berbeda dengan bisnis online yang sangat praktis,Misal kita ingin membeli baju,kita hanya butuh koneksi internet yang terkoneksi ke laptop atau komputer untuk membelinya.Dengan sekali klik kita sudah dapat membeli barang tersebut.Kita hanya tinggal menunggu barangnya sampai ke tempat kita

4. Pasar yang luas 

Jika kita berbisnis dengan model bisnis tradisional ,jangkauan pelanggan kita hanya sebatas di kota itu saja atau bahkan di sekitaran toko atau pasar saja. ini membuat bisnis dengan cara tradisional sangat sulit untuk berkembang.Berbeda dengan bisnis online.Cakupan bisnis online sangat luas. Misalkan kita ingin membeli baju dengan brand yang terkenal di dunia, baju baju ini sangat sulit di jumpai di daerah – daerah atau kota yang kecil.Nah masalah tersebut bisa di atasi dengan membelinya secara online. Dengan sangat cepat kita mendapatkan barang yang kita inginkan tersebut. Tidak hanya untuk transaksi antar kota saja,kita juga bisa melakukan transaksi antar negara.dari segi pebisnis,Ini memungkinkan produk yang di jualnya mendunia tanpa harus membuka toko di negara – negara lainnya. 

5. Penghasilan yang besar

Banyak orang berpikir bisnis online itu hanya sebagai perkerjaan sampingan saja karena untungnya tak seberapa. Padahal banyak para pebisnis online ini mampu menghasil penghasilan yang besar bahkan sampai menghasilkan ratusan juta. Salah satu pebisnis online yang sudah tidak asing lagi yaitu anne Ahira.Wanita yang lahir di bandung pada November tahun 1979 ini merupakan sosok yang fenomenal.Wanita ini merupakan pendiri dari Asianbrain.com .Siapa yang ridak kenal dengan AB(nama beken dari Asianbrain.com) .AB merupakan sekolah internet marketing pertama di indonesia. Asianbrain merupakan situs terbaik di indonesia menurut saya.Asianbrain memiliki ribuan member yang tersebar di seluruh pelosok-pelosok indonesia.Asian brain mencangkup dari kalangan,profesional,mahasiswa,hingga pebisnis-pebisnis.Anne Ahira belajar bisnis secara otodidak,tanpa bantuan siapapun. Walapun belajar secara otodidak,Anne Ahira tidak sembarangan dalam menyampaikan materi-materinya.Ini terbukti dari makin bertambah banyaknya murid anne ahira di sekolah online miliknya.Anne Ahira memiliki penghasila lebih dari 1000 dolar per bulan.sungguh penghasilan yang besar untuk sebuah bisnis online.Nah,terbuktikan kalau bisnis online itu sangat menjanjikan.Jadi jangan pandang sebelah mata bisinis online ini.

6.Hemat Waktu

Bisnis online merupakan bisinis yang tidak memakan waktu yang banyak.Bisnis ini tidak terikat dengan waktu.Kita bisa melakukan bisnis ini di sela-sela tugas kita sebagai mahasiswa.Pekerjaan ini tidak menganggu waktu kuliah kita.Karena semuanya serba online. pembayaran dan pengiriman bisa dilakukan dengan cepat dan tidak memakan waktu yang banyak.Untuk masalah pengiriman,sekarang khususnya di kota besar jasa pengiriman sudah menjamur.Jadi,tidak perlu melakukan perjalan jauh untuk pergi ke tempat pengiriman barang .

 7. Hemat Biaya Promosi

Ini merupakan nilai tambah dari binis online.Dengan biaya yang minim bahkan gratis,kita sudah mampu mempromosikan bisnis kita.Cakupan dari promosi online ini sangat luas.Tidak sebatas hanya di daerah tempat tinggal kita saja.Bahkan kita bisa mempromosikannya sampai ke luar negeri. Yang banyak digunakan pebisnis online ini adalah media sosial. Media sosial seperti Facebook.twitter,instagram dll menjadi sarana populer untuk mempromosikan bisnis online.Berbeda dengan bisnis tradisional atau offline yang promosinya membtuhkan dana yang besar dan memakan banyak waktu. Bayangkan berapa pajak dari iklan yang kita pasang.Tentu memakan banyak modal.Cakupannya pun hanya di daerah yang kita pasangin iklan saja.Ini tentu tidak efisien.Namun promosi online juga memiliki kekurangan,yaitu maraknya kasus penipuan.Kasus penipuan ini semakin menjamur di karenakan promosi melalui media sosial sangat mudah dan murah serta mampu dilakukan siapa saja tanpa harus memiliki skill khusus.Jadi dalam bisnis ini,kita harus pintar dalam menyakini kepada calon pembeli bahwa produk yang kita jual ini aman dan terpercaya

8. Promosi tanpa batas 

Promosi pada bisnis online dapat dilakukan kapan saja dan tidak terbatas oleh waktu.Biaya promosinya pun murah dibandingkan bisnis offline.Berbeda dengan binsis offline yang promosi terbatas waktu.Kalaupun harus promosi sepanjang waktu,diharuskan menggunakan jasa penyewaan iklan yang tentunya memakan banyak biaya.

9.Tidak perlu Setiap saat Menunggu.

Satu lagi keunggulan bisnis online dibandingkan bisnis tradisional atau offline adalah kita tidak perlu setiap saat menunggu. Misalkan jika kita mempunyai toko online kita tidak harus menunggu setiap saat di tempat tersebut untuk menunggu bisnis  karena pembeli bisa memesan lewat call number atau kontak lainnya yang telah di sediakan.Bahkan ada sistem pada bisnis online yang otomatis langsung menyediakan produk dan website kemudian sistem yang akan menjalankan bisnis tersebut.

10.Bea Operasional  
Biaya bisnis online jauh lebih murah di bandingkan bisnis tradisional atau offline. kita hanya harus membutuhkan dan  untuk Internet dan juga listrik . Karena media yang digunakan hanya internet maka biaya operasional bisnis online juga hanya untuk biaya langganan internet serta listrik.Ini faktor penting dari bertahannya sebuah bisnis. Semakin minim oprasional yang di keluarkan tentu semakin lama bertahan bisnis yang di jalani.Tentu tidak maukan bisnis yang kita rintis nantinya akan stop ditengah jalan karena kekurangan dana operasional.

Global advertising berdasarkan segmen pasar

Advertising atau iklan sangat penting bagi seseorang yang ingin mempromosikan sesuatu,baik itu produk usahanya atau pun untuk mempromosikan tempat. Selain melakukan bisnis yang saya jelaskan di atas,Mendatangkan devisa bagi negara juga bisa di lakukan dengan mempromosikan tempat – tempat yang menarik di indonesia.Cara ini memang tidak memberi ke untungan kepada diri kita sendiri,namun cara ini dapat membuat orang – orang dari luar negeri untuk datang ke indonesia dan otomatis akan mendatangkan devisa yang besar bagi negara indonesia.Untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskannya lebih terperinci.

Potensi pariwisata di indonesia sangat besar . Indonesia terletak di antara dua samudra dan dua benua,dan terletak pada garis kathulistiwa. Sudah barang tentu Negara ini memiliki kekayaan alam yang melimpah. Dan otomatis Negara kita ini pastilah memiliki objek wisata yang melimpah pula. Perkembangan pariwisata di indonesia semakin tahun semakin membaik. Ini bukan isapan jempol semata, terbukti selama tiga tahun terakhir, jumlah wisatawan mancanegara selalu meningkat.  Dari yang hanya 7 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2010 hinga 8,8 juta pada tahun 2013, dengan pertumbuhan rata-rata 8,5%. Untuk 2014 dari Januari-Agustus bahkan mencapai 6.155.553 wisatawan mancanegara dengan pertumbuhan yang sangat pesat yaitu 9,1%.

Banyak yang mengakui, dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang sudah di depan mata , sektor pariwisata dianggap paling siap. Hal ini berbanding terbalik dengan tenaga kerja dari sekrot jasa  lainnya .seperti jasa insinyur, Keperawatan,Arsitektur, dokter dan tenaga kesehatan. 

Banyak cara yang digunakan untuk mempromosikan pariwisata di indonesia ,salah satunya dalah dengan Menggunggah video pariwisata di youtube, ini merupakan cara cerdas dalam meningkatkan kunjungan wisatawan dari luar negeri. Karena dengan mudah calon wisatawan melakukan pencarian di internet untuk menentukan determinasi wisata yang bakal mereka kunjungi.



Ya,itu tadi pembahasan bagaimana cara memajukan bangsa dengan berbisnis.Semoga kita dapat melakukan kontribusi yang nyata pada negara ini.


Referensi : 
http://masharto.blogspot.com/2013/03/10-alasan-kenapa-memilih-bisnis-online.html

Related Posts

Mahasiswa Bisa Menjadi Pahlawan Devisa ?
4/ 5
Oleh