Kamis, 15 Desember 2016

2 Penemuan Canggih Nenek Moyang Bangsa Indonesia


2 Penemuan canggih nenek moyang bangsa indonesia


Selamat pagi, pada artikel kali ini akan kita bahasa 2 Penemuan canggih nenek moyang bangsa indonesia.
Dijaman ini setiap negara berlomba untuk menunjukan kemajuan dalam berbagai bidang namun tahukah anda bahwa sesungguhnya nenek moyang kita memiliki peradaban yang cukup maju yang bisa dibilang ilmu pengetahuan pada masa itu masih cukup relevan dengan yang ada sekarang, berikut adalah bukti nenek moyang bangsa indonesia adalah sebuah bangsa yang maju.

1. pranatamangsa

2 Penemuan Canggih Nenek Moyang Bangsa IndonesiaPranata mangsa adalah sistem penanggalan suku jawa yang sudah dikenal sejak zaman dahulu, pranata mangsa adalah penanggalan yang berdasarkan gejala-gejala alam dan umumnya berhubungan dengan tata letak bintang di langit. Menurut daldjoeni seorang javanolog dalam bukunya yang berjudul ‘penanggalan pertanian jawa; pranatamangsa’ pranatamangsa tergolong penemuan brilian kompleksitasnya tak kalah dari sistem penanggalan bangsa mesir kuno, cina dan burma lebih-lebih apabila dibandingkan dengan farmers almanac dari amerika pranata mangsa jauh lebih maju. Bahkan dengan perkembangan teknologi sekarang ini ilmu pranatamangsa masih relevan karena nenek moyang mennciptakan ilmu pranatamangsa berdasarkan gejala alam, musim dan hal-hal alamiah lainya, hal itu membuktikan bahwa sesungguhnya bangsa kita sudah mampu menemukan ilmu astronomi dan penanggalan yang cukup maju sejak zaman nenek moyang kita.

 2. arsitekture rumah aman gempa

2 Penemuan Canggih Nenek Moyang Bangsa IndonesiaRumah gadang adalah arsitekture rumah tahan gempa. menurut delamansyah ahli kontruksi dari BNPB sumatra barat menyebutkan dari sisi ilmu kontruksi bangunan rumah gadang jauh lebih maju setidaknya 300 tahun dibandingkan kontruksi yang ada didunia pada zamannya. Rumah gadang memiliki daya lentur dan soliditas saat terjadi gempa diatas 8 sr. Rumah gadang tidak dibangun menggunakan paku sebagai pengikat tetapi menggunakan pasak sehingga bangunan memiliki sifat lentur selain itu kaki dan tiang dibantali dengan batu sandi sehingga meredam gelombang saat terjadi gempa.
 
Demikian 2 Penemuan canggih nenek moyang bangsa indonesia tidak perlu meninggalkan komentar jika artikel ini tidak menarik. Kunjungi juga artikel selanjutnya yang berjudul ?????????
Terimakasih

Related Posts

2 Penemuan Canggih Nenek Moyang Bangsa Indonesia
4/ 5
Oleh