Kamis, 15 Desember 2016

Belajar Framework PHP Symfony

Symfony

Belajar Framework PHP Symfony Dengan Mudah


Hai, apa kabar semua ? kita bertemu lagi dalam artikel 7 Framework PHP Yang Mudah Dipelajari. Yah baik, sebelumnya saya telah membahas tentang belajar framework PHP CodeIgniter. Dan untuk yang sekarang, saya akan membahas tentang belajar framework PHP Symfony. Mungkin nama tersebut tidak asing bagi kalian, karna persis seperti nama alat musk :D. Mengapa kita belajar framework PHP Symfony ? Mari kita simak ulasan di bawah ini :

4. Symfony

Symfony
Framework PHP Symfony adalah framework Open Source atau gratis dan bisa digunakan secara gratis, dimana Symfony dikembangkan dengan tujuan untuk mempercepat dalam pengembangan sebuah aplikasi dan dalam pemeliharaan aplikasi web aplikasi baik aplikasi yang berskala besar maupun aplikasi web kecil. Bukan hanya itu, banyak Komponen dari Framework PHP Symfony 2 ini dimanfaatkan  oleh perusahaan besar dalam mengembangkan proyeknya misalnya CMS Drupal, dan aplikasi Forum phpBB. Dengan pengembang SensioLabs yang memang sudah cukup berpengalaman dalam bidang ini, Framework PHP Symfony cukup powerfull untuk anda gunakan pada project website anda. Yang tidak kalah pentingnya Php Framework terpopluer Laravel juga menggunakan beberapa fitur dari framework PHP symfony. Dengan banyaknya pengguna Framework PHP Symfony dan kelengkapan dokumentasi yang dimiliki framework PHP symfony membuat framework ini populer dikalangan pengembang aplikasi web berbasis framework. 

Sedikit sintaks tentang framework PHP Symfony :

Sekilas mengenai action show
Pertama, mari kita lihat action show, yang ada di file askeet/apps/frontend/modules/question/actions/actions.class.php :

public function executeShow()
 {
   $this->question = QuestionPeer::retrieveByPk($this->getRequestParameter('id'));
 
   $this->forward404Unless($this->question);
 }

Jika Anda sudah familiar dengan Propel, Anda disini akan mengenal request sederhana ke tabel Question. Query ini bertujuan untuk mengambil record yang unik yang memiliki nilai parameter id sebagai primary key. Pada URL yang diberikan pada contoh diatas, parameter id akan memiliki nilai 1, sehingga methode retrieveByPk() dari class QuestionPerr akan me-return object dengan tipe class Question dengan `1`` sebagai primary key.

Untuk Mendownload dan ingin belajar framework PHP Symfony lebih lanjut, silahkan kunjungi www.symfony.com/

Apakah menurut anda belajar framework PHP Symfony sangat mudah? atau ingin belajar framework PHP yang lainnya?. Tengan kawan, ini masih bagian 4. Saya masih memiliki 3 Framework agar anda bisa belajar framework PHP, silahkan tinggalkan KOMENTAR jika ada yang ingin anda tanyakan. Semoga Artikel ini bermanfaat. 

Lihat Artikel sebelumnya :

Berikut kelanjutan dari Artikel ini :

 

Related Posts

Belajar Framework PHP Symfony
4/ 5
Oleh