Sabtu, 17 Desember 2016

3 Cara Jitu Menghilangkan Malware Pada Browser


Anda pasti pernah merasakan browser anda tiba-tiba lambat dan muncul iklan-iklan yang tidak jelas. Serta browser anda misal (Chrome, Mozilla Firefox) berubah seketika menjadi browser dengan nama yang aneh. Itu adalah indikasi bahwa browser anda telah terserang Malware. Malware itu tidak hanya menyerang browser anda dengan iklan-iklan yang seketika muncul dan hilang, tetapi dapat meng-install sebuah aplikasi atau software yang dapat terinstall otomatis jika kita mengklik sebuah website yang mengandung Malware.

Sangat menjengkelkan bukan? Karena Malware tersebut tidak hanya sekeder iklan melainkan sebuah file program atau file dengan ekstensi .exe yang dapat terinstall di komputer kita. Lalu bagaimana cara menghilangkan Malware tersebut di browser maupun komputer kita ? Nah artikel ini akan menjelaskan cara menghilangkan Malware dengan tips-tips jitu berikut ini.

1. Menggunakan Menu Options Pada Browser Kita

Jika browser kita berubah menjadi situs pencarian dengan nama Web Search, Sweet Search, Qune8.com dan lain sebagainya jangan panik. Cara menghilangkan Malware yang paling mudah adalah kita dapat mengembalikan browser kita dengan menu options yang terdapat pada browser misal Mozilla Firefox. Berikut caranya :
  • Klik icon tiga garis di pojok kanan atas windows lalu cari menu options.
  • Pilih menu General lalu pilih Home Page dan Klik Restore to Default.
  • Selanjutnya pilih menu Search dibawah menu General dan pilih kembali default search engine.
  • Pada bagian bawahnya terdapat beberapa search engine, periksalah jika ditemukan adanya Malware maka langsung saja dihapus.
  • Langkah terakhir adalah me-restart Mozilla Firefox dan browser anda kembali seperti semula.
Menu Options

Menu General








 
Menu Search

2. Meng-uninstall Program Malware

Cara kedua untuk menghilangkan Malware adalah anda harus meng-unistall file program yang berupa .exe di komputer anda. Bagaimana cara meng-uninstall file program malware tersebut ? Ikuti langkah atau cara menghilangkan Malware berikut ini :
  • Buka control panel yang ada pada komputer anda
  • Kemudian pilih uninstall a program pada menu control panel tersebut
  • Selanjutnya akan muncul banyak sekali program-program yang telah anda install di komputer anda. Kemudian anda cari file program yang mencurigakan yang menurut anda itu Malware, dapat diketahui dengan nama file yang aneh atau anda dapat menghapus semua program yang tidak dibutuhkan pada komputer anda.
  • Setelah program ditemukan, klik kanan pada program tersebut dan uninstall.
Control Panel

Uninstall a Program

3.  Masuk ke Safe Mode

Cara menghilangkan Malware yang ketiga adalah anda diminta untuk masuk ke Safe Mode. Jika anda ingin melakukannya, hal pertama yang harus dilakukan adalah booting ulang atau restart ulang komputer anda. Selanjutnya ketika komputer di-restart dan dalam proses booting, anda tekan F8 maka anda akan masuk ke menu Safe Mode. Anda bisa masuk ke Boot Advanced Options lalu anda pilih Safe Mode with Networking lalu tekan Enter. Selanjutnya komputer anda akan berjalan dengan jaringan dan malware tidak dapat berfungsi lagi.

sumber: http://www.ricksdailytips.com/wp-content/uploads/2012/12/safe-mode-options.gif

Itulah 3 cara jitu menghilangkan Malware pada browser. Semoga cara menghilangkan Malware yang saya jelaskan pada artikel ini dapat dipahami dan dapat membantu anda untuk menghilangkan Malware pada browser serta komputer anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua, nantikan artikel-artikel menarik saya selanjutnya, sampai jumpa.

Jangan lupa kunjungi artikel saya yang lainnya :

7 Sertifikasi Keamanan Informasi Paling Dicari

Sertifikasi Forensik Digital yang Wajib Dibutuhkan di Indonesia

Tips Pelatihan Untuk Meningkatkan Kepribadian dan Kualitas Diri

Related Posts

3 Cara Jitu Menghilangkan Malware Pada Browser
4/ 5
Oleh