Rabu, 21 Desember 2016

5 Kepribadian seorang pemimpin

Sumber gambar : andriewongso.com


Menjadi pemimpin tidaklah mudah. Pemimpin adalah seseorang yang berhak memimpin orang lain dalam satu kelompok. Untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain dalam satu kelompok itu diperlukan kepribadian yang pantas menjadi pemimpin. Berikut beberapa hal yang harus anda kuasai untuk menjadi pemimpin.

1.  Jadilah orang yang tegas


Dalam suatu kelompok yang berisikan 2 atau lebih anggota, sudah dipastikan setiap anggota memiliki pemikiran masing masing dalam mencapai tujuan dalam kelompok tersebut. Ketika diadakan diskusi, beberapa opini yang berbeda akan disampaikan oleh anggota kelompok. Dalam hal ini, untuk mencegah terjadinya perdebatan yang dikarenakan perbedaan pendapat diperlukan seorang pemimpin. Tugas pemimpin di sini adalah menjadi orang yang tegas.

2. Jadilah orang yang percaya diri


Ketika hasil diskusi dalam kelompok sudah ditentukan. Lalu bagaimana agar anggota dapat yakin dengan hasil tersebut tanpa ada keraguan untuk mengakhiri diskusi. Anda yang berada pada posisi menjadi pemimpin harus percaya diri dengan keputusan yang telah dibuat.

3. Jadilah orang yang kuat


Menjadi pemimpin berarti anda harus mampu mengarahkan anggota kelompok anda ke jalan yang benar. Anda harus kuat untuk melindungi anggota anda dan memberikan dukungan ke setiap anggota. Jalannya kelompok yang anda pimpin bergantung pada keputusan anda.

4. Jadilah orang yang mampu bersosialisasi dengan semua anggota


Hal yang paling fatal dalam kelompok adalah adanya kelompok dalam kelompok. Bagaimana jadinya sebuah kelompok ketika anggotanya memiliki tujuan yang berbeda beda. Menjadi pemimpin haruslah dapat bersosialisasi dengan setiap anggota, untuk menghindari terjadinya perselisihan dalam kelompok. Tugas pemimpin di sini adalah untuk meyakinkan anggota bahwa kekompakan dalam kelompok itu penting.

5. Jadilah orang yang rendah hati


Menjadi pemimpin tentu harus menjaga kepercayaan anggota. Menjadi seorang yang rendah hati adalah salah satu hal yang dapat membuat anggota kelompok tetap mempercayai anda sebagai seorang pemimpin.


Demikian beberapa hal yang harus dikuasai seorang pemimpin. Masih banyak hal yang bisa anda dapatkan dengan mempelajari arti dari kepemimpinan. Jadilah pemimpin yang baik.

Related Posts

5 Kepribadian seorang pemimpin
4/ 5
Oleh