Rabu, 21 Desember 2016

4 Teknik vokal dasar untuk bernyanyi

Sumber gambar : wowkeren.com


Bagaimana cara bernyanyi dengan baik? Tidak semua orang dapat bernyanyi dengan baik. Tetapi, untuk menguasai teknik bernyanyi tidaklah sulit. Anda hanya perlu berlatih secara rutin. Berikut beberapa teknik vokal yang perlu anda kuasai agar dapat bernyanyi dengan baik.

1. Karakter Suara


Sudahkan anda mengerti karakter suara anda? Musik memiliki banyak genre. Karakter suara anda dapat menentukan di genre mana lagu yang cocok untuk anda nyanyikan. Namun itu tidak terpaku pada 1 genre lagu saja yang dapat anda nyanyikan. Ketika anda sudah menguasai karakter suara anda, mau benyanyi pada genre apapun anda akan dapat menikmati lagu tersebut.

Untuk dapat membentuk karakter suara, anda hanya perlu sering sering belatih bernyanyi. Untuk lebih jelasnya baca artikel tentang Bagaimana cara membentuk karakter suara?


2. Pernafasan


Pernahkah anda merasa kelelahan setelah anda menyanyi? Pernahkan anda merasa suara anda seperti orang yang sedang terkena flu? Kesalahan ada pada pengaturan pernafasan. Kelelahan saat bernyanyi dikarenakan anda terlalu banyak membuang udara saat anda mengeluarkan suara. Sedangkan ketika anda merasa seperti orang yang sedang terkena flu, berarti anda terlalu menahan udara yang keluar untuk memunculkan suara.

Saat anda bernyanyi, usahakan hembuskan udara yang keluar secara pelan pelan setiap suku kata yang anda ucapkan. Latihlah agar nafas anda akan habis ketika tepat satu kalimat lirik lagu habis. Lalu usahakan juga agar anda menarik nafas dalam dalam sebelum anda mulai menyanyikan satu kalimat dari lirik lagu. Untuk lebih jelasnya baca artikel tentang Bagaimana cara mengatur pernafasan saat bernyanyi?

3. Artikulasi


Artikulias adalah kejelasan dalam pngucapan kata dari lirik lagu yang dinyanyikan. Karakter suara sudah anda kuasai, pernafasan sudah anda kuasai. namun ketika artikulasi anda kurang jelas, penonton akan berpikir bahwa anda menyanyikan lagu yang tidak jelas. Bahkan anda akan terbilang bukan menyanyi, hanya seperti bergumam saja.

Melatih artikulasi tidaklah sulit. Anda cukup melakukan pemanasan sebelum bernyanyi dengan melakukan pengucapan a I u e o terus menerus dengan mulut terbuka. Lakukan hal tersebut setiap hari secara rutin. Dengan terus berlatih maka anda akan terbiasa dengan sendirinya.

4. Intonasi


Intonasi adalah ketepatan nada dalam bernyanyi. Biasa disebut dengan “fales” ketika anda bernyanyi dengan intonasi yang salah. Intonasi adalah hal yang paling penting dalam bernyanyi. Meskipun suara vokal anda biasa saja, dengan intonasi yang benar orang lain akan menikmati lagu yang anda nyanyikan.

Untuk melatih intonasi cukup sulit, karena membutuhkan pendengaran yang baik. Berusahalah untuk berkonsentrasi dengan pendengaran anda. Dengarkan lagu yang ingin anda nyanyikan. Carilah nada awal lagu tersebut. Lalu dengan perlahan mulailah ikut bernyanyi dengan nada yang anda dengarkan. Cobalah untuk mendengarkan nada dari sebuah piano. Tekan 1 not pada piano dan lalu ikutilah dengan mengucapkan “ a “ pada nada tersebut. Coba juga dengan nada pada not yang lain. Latihlah secara rutin maka anda akan terbiasa dan merasakan alunan nada dengan sendirinya.


Ketika ke 4 teknik tersebut sudah anda kuasai, maka anda akan dapat bernyanyi dengan baik. Masih banyak teknik untuk bernyanyi lainnya. Teknik vibrato, resonansi dan improvisasi akan terbentuk dengan sendirinya ketika anda sudah menguasai teknik dasar dalam bernyanyi.

Related Posts

4 Teknik vokal dasar untuk bernyanyi
4/ 5
Oleh