Minggu, 18 Desember 2016

Bagaimana cara kerja XML ?




            Bagaimana cara kerja XML? Untuk memahaminya kalian perlu mengetahui dasar dari XML. XML adalah markup language. Tapi berbeda dari markup language lainnya seperti HTML. HTML memberitahukan browser bagaimana menampilkan informasi. Jadi misalkan tag <B> digunakan pada HTML ,maka pada browser akan di tampilkan text yang memiliki border.
            Berbeda dengan HTML,XML tidak memberitahukan  kepada browser atau perangkat lainnya bagaimana penampilkan informasi. Sebaliknya,itu adalah cara untuk menstrukturkan informasi untuk bisa digunakan dengan mudah oleh aplikasi lain. Seperti HTML ,XML menggunakan tag,tapi berbeda dengan HTML yang tag-nya sudah ditentuin atau di patenkan aturannya,XML memperbolehkan pengembang atau orang yang menggunakan XML untuk membuat sendiri tag sesuai dengan keinginan sendiri.Ini membuat para pengguna XML bisa membuat tag dengan bahasa yang mereka inginkan.


            Jika penjelasan di atas belum jelas,mari kita ambil satu contoh. Katakan saja kamu memiliki game untuk di jual dan kamu memiliki rekan bisnis yang ingin mendapatkan informasi dari stock game yang tersedia pada kamu,jadi partner bisnis kamu bisa memesan game dari kamu. Kalian memutuskan untuk menggunakan XML sebagai pilihan yang  tepat. Kamu memutuskan untuk membuat tag sesuai dengan apa yang kamu jual dan di mengerti juga oleh partner bisnis kamu. Jadi kamu memasukkan semua data game yang kamu jual ke dalam dokumen XML. Berikut contoh XML yang akan dibuat:



            Ada banyak tag yang kamu buat di atas,setiap tag mendefinisikan dari produk game yang kamu jual,seperti nama game,developer, kategori dan harga game tersebut. Hal ini akan memudahkan rekan bisnis anda untuk mengerti dari setiap informasi yang kamu berikan, dan otomatis bisa mengerti apa yang kamu jual. Informasi bisa didapatkan dengan berbagai cara. Kamu bisa mengirim dokumen XML dan agen otomatis bisa mendapatkan informasi dari situ atau kamu bisa membuat dasar untuk menciptakan sebuat web servis. Jadi XML membolehkan semua orang untuk membuat aturan sendiri bagaimana data akan di presentasikan.
            Apapun cara kamu dalam memulai menggunakan XML, diperhatikan bahwa XML tidak seperti HTML,XML adalah bahasa yang tidak kenal toleransi. Apabila melakukan coding dengan HTML,browser akan mencoba untuk menafsirkan apa yang ingin anda tuliskan dan menampilkan code yang benar dari apa yang ingin anda tuliskan. Sedangkan XML ,aplikasi akan berhenti apabila terdapat error dan tidak dapat melakukan koreksi terhadap kode yang salah dikarenakan tag yang eksklusif.
Dokumen XML ini dapat digabungkan dengan HTML untuk ditampilkan dalam sebuah browser web dengan membangun sebuah tabel dalam kode HTML dan mengasosiasikan nilai pada kolom-kolomnyaa dengan data dari elemen-elemen XML tersebut:




Ketika dimunculkan pada browser maka akan terlihat seperti ini:

Gambar di ambil dari makalah Pengantar XML Unsri 2018

Preston Gralla.2001.An inside look at how XML works.http://searchsoa.techtarget.com/tip/An-inside-look-at-how-XML-works. February 2002


Unsri.2008. PENGANTAR XML. http://www.unsri.ac.id/upload/arsip/PENGANTAR XML.doc

Related Posts

Bagaimana cara kerja XML ?
4/ 5
Oleh