Rabu, 21 Desember 2016

Bagaimana cara membentuk karakter suara?

sumber gambar : sekarangpunya.blogspot.com

Seperti sudah kita bahas pada artikel sebelumnya tentang 4 Teknik vokal dasar untuk bernyanyi. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara membentuk karakter suara. Setiap orang biasanya memiliki jangka waktu yang berbeda beda untuk dapat membentuk atau menemukan karakter suaranya. Saya akan membagikan tips untuk dapat menemukan karakter suara anda.

Sebelumnya, saya akan mengulas tentang genre lagu. Genre lagu ada banyak sekali, pop, rock, jazz, dan lain lain. Karakter suara biasanya akan mengikuti genre lagu, seperti contohnya karakter suara serak cocok untuk menyanyikan lagu bergenre rock. Lalu, apakah karakter suara anda sesuai dengan genre lagu yang anda sukai? Belum tentu, anda menyukai lagu pop, tapi ternyata karakter suara anda bias jadi lebih cocok untuk dinyanyikan pada lagu rock.


Tetapi jangan kecewa dulu. Ketika anda sudah menguasai karakter suara anda, lagu apapun dapat anda nyanyikan dengan karakter suara anda sendiri. Berikut adalah tips untuk menemukan karakter suara anda.

  1. Berlatihlah bernyanyi dengan lagu yang menurut anda nyaman untuk anda nyanyikan. Tetapi jangan terlalu terpaku pada 1 lagu saja. Cobalah menyanyikan lagu lain yang menurut anda nyaman.
  2. Benyanyilah lepas, gunakan pernafasan diafragma. Bernyanyi lepas adalah bernyanyi dengan pengaturan nafas yang benar. Bernyanyi tanpa anda udara yang tertahan di dada, hidung ataupun tenggorokan.
  3. Sering seringlah mendengarkan lagu dengan genre yang berbeda beda. Ini akan membantu anda untuk mendapatkan suara vokal yang nyaman untuk anda nyanyikan.
  4. Usahakan menjaga untuk tidak makan atau minum yang dapat membuat tenggorokan anda sakit. Ini tidak akan membantu anda untuk dapat bernyanyi lepas.
  5. Rekam suara anda ketika bernyanyi, lalu setelah itu dengarkan suara anda melalui rekaman tersebut. Nilailah sendiri suara anda, evaluasi hal hal yang menurut anda kurang dari suara yang anda rekam tersebut.
  6. Cobalah untuk bertanya kepada teman anda ketika anda bernyanyi. Apakah suara anda sudah enak untuk didengarkan atau belum. Lakukan evaluasi kepada suara anda sendiri.

Itulah beberapa tips yang dapat saya berikan untuk dapat menemukan karakter suara anda. Namun, seberapa cepat anda menemukan karakter suara anda tergantung dari cara anda berlatih dan seberapa ketertarikan anda dalam menyanyi.

Related Posts

Bagaimana cara membentuk karakter suara?
4/ 5
Oleh