Rabu, 21 Desember 2016

Bagaimana mengatur pernafasan saat bernyanyi?

sumber gambar : kesekolah.com

Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya tentang bagaimana 4 teknik vokal dasar untuk bernyanyi. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana mengatur pernafasan saat bernyanyi. Ada beberapa metode pernafasan yang digunakan dalam bernyanyi, ada pernafasan diafragma, ada pernafasan dada, ada pernafasan perut. Metode manakah yang paling tepat untuk kita gunakan saat bernyanyi?

Macam macam pernafasan


Sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu pernafasan diafragma, pernafasan perut, dan pernafasan dada.


1. Pernafasan Diafragma


Pernafasan diafragma adalah pernafasan yang dilakukan ketika kita menarik nafas maka dada dan perut akan mengembang.

2. Pernafasan Perut


Pernafasan perut adalah pernafasan yang dilakukan ketika kita menarik nafas maka hanya perut saja yang mengembang.

3. Pernafasan Dada


Pernafasan dada adalah pernafasan yang dilakukan ketika kita menarik nafas maka hanya dada saja yang mengembang.


Setelah kita mengetahui macam macam pernafasan, lalu manakah yang paling cocok untuk kita gunakan saat bernyanyi? yang paling cocok kita gunakan adalah pernafasan diafragma. Ketika kita bernyanyi menggunakan pernafasan diafragma, maka suara kita akan terdengar jelas. Suara kita akan terdengar merdu dan lepas. Jika kita menggunakan pernafasan perut, maka kita akan cepat kelelahan saat bernyanyi. Dan jika kita menggunakan pernafasan dada, maka suara kita akan terdengar seperti tertahan. Namun bukan berarti kita tidak boleh menggunakan pernafasan dada atau perut saat bernyanyi. Banyak juga pernyanyi yang dapat menguasai teknik bernyanyi dengan pernafasan dada atau perut. Hanya saja, akan lebih terdengar merdu ketika kita bernyanyi dengan pernafasan difragma.

Tips melatih pernafasan difragma


Ada beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk melatih teknik pernafasan difragma. 

1. Hindari Rokok


Hindari asap rokok bagi perokok aktif maupun pasif, karena rokok tersebut dapat merusak paru paru kita dan mengganggu jalannya pernafasan.

2. Olahraga teratur


Olahraga yang teratur dapat membuat tubuh kita tetap fit dan melancarkan pernafasan.

3. Teriak dalam air


Cobalah untuk berteriak di dalam air sekeras kerasnya. Berteriak dalam air dapat meningkatkan kekuatan untuk melepaskan setiap suara yang anda keluarkan saat bernyanyi.



Itu adalah beberapa tips yang dapat saya bagikan kepada anda. Sering berlatih akan membuat anda lebih cepat menguasainya dan akan terbiasa dengan sendirinya.

Related Posts

Bagaimana mengatur pernafasan saat bernyanyi?
4/ 5
Oleh