Senin, 19 Desember 2016

Ini Dia Sejarah Berdirinya Forum Online Terbesar di Indonesia




Di antara kalian pasti sudah tidak asing dengan istilah-istilah seperti: sundul gan, cendolnya gan,Pertamax dll . Yap..Kaskus. Forum online terbesar di indonesia ini sangat dikenal masyarakat  bahkan sampai manca-negara. Kaskus merupakan salah satu startup yang berpenghasilan besar,bahkan pada tahun 2016 mereka menargetkan pendapatan hingga 200 milliar rupiah . Siapa sangka ternyata kaskus berawal dari proyek kuliah tiga pemuda indonesia yang kuliah di Amerika.Tak di sangka kaskus di gemari banyak orang dan menjadi besar hingga sekarang.Namun pada awalnya perjalanan Kaskus tidak berjalan mulus.Banyak rintangan yang mereke hadapi sebelum kaskus menjadi seperti sekarang.

KASKUS didirikan pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia mereka adalah  Andrew Darwis, Ronald, dan Budi yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat Mereka membuat KASKUS untuk memenuhi tugas kuliah mereka. KASKUS sendiri bertujuan untuk mengobati kerinduan mahasiswa Indonesia di luar negeri akan Indonesia melalui berita-berita Indonesia yang diterjemahkan.

Setelah berjalan beberapa lama, Budi dan Ronald mengundurkan diri karena menganggap Kaskus sama sekali tidak menghasilkan keuntungan, hanya menghabiskan waktu yang mereka punya. Hanya Andrew yang kemudian bertahan, namun Kaskus terpaksa vakum selama 8 bulan.

“Lalu Ken datang ke Amerika dan memberitahu saya hal penting,” ujar Andrew. “Dia bilang kalau penggemar Kaskus di Indonesia cukup besar,” lanjutnya. Ken yang juga sepupu dari Andrew memaksanya untuk pulang dan mengaktifkan Kaskus kembali. “Sayang teknologinya sudah ada tapi tidak dipakai,” saran Ken.

Kaskus kemudian diaktifkan kembali dengan konsep berbeda. Situs ini tak lagi diisi oleh berita-berita CNN, melainkan menjadi sebuah forum di mana tulisan-tulisan diposting sendiri oleh para kaskuser (pengguna Kaskus). Konsep tersebut membuat pengunjung Kaskus meningkat. “Orang Indonesia memang dasarnya cerewet makanya ketika konsep diganti menjadi forum online, makin tambah ramai,” ujar Andrew sambil tertawa.

Seiring dengan bertambahan jumlah kaskuser, konsep situs Kaskus pun mulai cenderung berubah sebagai market place. Lambat laun banyak yang menggantungkan hidupnya dengan berjualan di Kaskus. “Seorang kaskuser ada yang menjual keripik pisang di Kaskus dan jualannya sangat laku hingga 3.000 order per hari, tak hanya itu ada pula yang kerjaannya menjual kamera di Kaskus dan setiap minggu dia bisa menghasilkan omset hingga 100 juta rupiah,” tutur Andrew.


Sumber

Related Posts

Ini Dia Sejarah Berdirinya Forum Online Terbesar di Indonesia
4/ 5
Oleh