Sabtu, 17 Desember 2016

3 Jenis Pelatihan SDM Untuk Karyawan


PELATIHAN SDM UNTUK KARYAWAN PERUSAHAAN


Pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) sangat penting untuk semua jenis perusahaan. Pelatihan SDM akan memungkinkan karyawan untuk mengembangkan kompetensi kerjanya, meningkatkan kedisiplinan, meningkatkan produktifitas, dan meningkatkan etos kerja. Dengan demikian pelatihan SDM untuk karyawan tersebut dapat menjadi sarana karyawan untuk mendapatkan ilmu baru dan meningkatkan produktifitas serta bermanfaat bagi perusahaan.

Pelatihan SDM untuk karyawan ini sendiri memiliki berbagai jenis pelatihan. Disini saya akan membahas 3 jenis pelatihan SDM untuk karyawan yang sering diselenggarakan untuk meningkatkan mutu karyawan, diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Pelatihan Kreativitas

Pelatihan Kreativitas merupakan sebuah pelatihan SDM untuk karyawan yang bertolak belakang dengan anggapan bahwa kreativitas sebenarnya bukan berasal dari bakat, melainkan sebuah kemampuan yang bisa dipelajari. Pelatihan Kreativitas harus ditunjang dengan kebebasan berpendapat dan mengeluarkan gagasan, selama gagasan tersebut rasional, penuh perhitungan dan sudah dikalkulasikan untung ruginya bagi perusahaan.

2.  Pelatihan Keahlian atau Kemampuan

Pelatihan Keahlian adalah jenis pelatihan SDM untuk karyawan yang diselenggarakan dengan tujuan agar peserta mampu menguasai skill atau keterampilan baru yang berhubungan dengan bidang pekerjaannya. Keahlian yang diajarkan biasanya akan diberikan kepada karyawan yang dianggap belum menguasai sebuah keahlian tertentu. Contoh dari pelatihan keahlian adalah pelatihan kepemimpinan dan pelatihan manajemen.


3. Pelatihan Tim atau Berkelompok

Dalam sebuah perusahaan, karyawan dituntut bekerja tidak hanya sendirian tetapi juga bekerja dalam sebuah tim, divisi, bagian, bahkan dituntut untuk bisa bekerja dalam keseluruhan organisasi perusahaan. Pelatihan SDM untuk karyawan yang satu ini ditujukan kepada sekelompok karyawan agar mereka terbiasa bekerja dalam tim dan mampu bekerja sama dengan anggota tim yang lain sehingga pekerjaan dan tujuan lebih cepat dan efektif untuk diselesaikan.


Biasanya sebelum memutuskan untuk menggelar atau mengadakan sebuah pelatihan, perusahaan terlebih dahulu akan melakukan analisis kebutuhan pelatihan. Analisis kebutuhan pelatihan ini sangat penting untuk mengetahui kebutuhan pelatihan seperti apa yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Selain itu analisis kebutuhan pelatihan juga akan membantu perusahaan dalam menyusun konsep pelatihan termasuk didalamnya adalah peserta pelatihan, dukungan, biaya, hingga materi pelatihan yang harus disampaikan.
 
Saya rasa cukup sekian pembahasan mengenai pelatihan SDM untuk karyawan, semoga penjelasan mengenai berbagai jenis pelatihan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua. Silahkan tinggalkan kritik dan saran di kolom komentar dan share jika anda menyukai artikel ini.

Silahkan kunjungi :

Tips Pelatihan Untuk Meningkatkan Kepribadian dan Kualitas Diri



Related Posts

3 Jenis Pelatihan SDM Untuk Karyawan
4/ 5
Oleh