Minggu, 18 Desember 2016

Tips Memaksimalkan Fungsi Otak Anda

Otak adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Karena otak dapat menggerakan seluruh tubuh dengan kinerja otak kanan dan juga otak kiri. Fakta yang mencengangkan adalah kita hanya menggunakan 10% dari kapasitas otak kita, itu artinya adalah otak kita masih bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan kinerja otak kita menjadi lebih baik.

Nah pertanyaannya adalah bagaimanakah cara untuk memaksimalkan fungsi otak kita ? Disini akan dibahas poin-poin penting cara memaksimalkan otak kita, mari ikuti terus artikel ini selengkapnya.

1. Rajin Olahraga

Ternyata olahraga bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik. Penelitian pada 2010 menemukan bahwa kita bisa memprediksi volume otak manusia satu dekade kemudian berdasarkan tingkat aktivitas fisik yang dilakukan. Para ilmuwan merekomendasikan aerobik, jalan cepat dan bersepeda selama minimal tiga kali seminggu dengan durasi 30-60 menit untuk mengoptimalkan kesehatan otak. Dengan berolahraga kita dapat memaksimalkan fungsi otak dan memperlambat penyusutan otak serta menumbuhkan sel-sel otak baru.


2. Jaga Pola Makan

Laporan National Institutes of Health pada 2010 mengungkapkan, tidak terbukti bahwa Ginkgo Biloba dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Studi lain mengungkapkan bahwa vitamin dan antioksidan, seperti B12, E, C dan betakaroten, tidak mengurangi penurunan fungsi kognitif. Sebenarnya pola makan andalah yang menentukan kinerja otak dan dapat memaksimalkan fungsi otak. Penelitian pada 2009 menemukan bahwa orang yang menjalani diet Mediterania selama lima tahun berhasil menurunkan risiko terkena Demensia atau pikun. Dan mereka yang telah terserang Demensia berhasil meminimalkan risiko peningkatan penyakit itu. 


3. Permainan Asah Otak

Permainan yang dapat mengasah otak anda adalah teka-teki silang, sudoku dan Scrabble. Permainan tersebut dapat memaksimalkan fungsi otak anda dan dapat merangsang daya pikir anda. Sebenarnya dalam teka-teki silang harus memberikan tantangan yang berbeda guna melatih daya pikir otak anda. Jadi jika dalam teka-teki silang pertanyaannya hanya diulang-ulang tidak akan memberikan efek lebih baik terhadap otak anda. Sebenarnya masih banyak permainan yang dapat mengasah otak anda, namun menurut saya permainan tersebut yang familiar dan mudah dimainkan dimana saja.


Itulah beberapa poin penting untuk memaksimalkan fungsi otak kita, mungkin beberapa dari anda ada yang tidak percaya tapi pembahasan disini berdasarkan fakta ilmiah yang telah dilakukan penelitiannya. Silahkan anda coba terapkan poin-poin diatas untuk dapat meningkatkan kinerja otak dan memaksimalkan fungsi otak anda. Semoga pembahasan artikel saya dapat bermanfaat, sampai jumpa di lain kesempatan.

Artikel menarik lainnya :






Related Posts

Tips Memaksimalkan Fungsi Otak Anda
4/ 5
Oleh