Selasa, 20 Desember 2016

3 Cara Rahasia Menguatkan Rupiah


RUPIAH


Nilai mata uang rupiah yang terus menurun merupakan sebuah kenyataan buruk yang sering kita hadapi. Fenomena di bidang ekonomi ini, memunculkan banyak kritik dan opini serta analisis yang berbagai macam atas kinerja pemerintah yang dirasa harus cukup banyak dibenahi. Nilai mata uang Negara Garuda yang terus menurun membuat sebagian masyarakat yang peduli akan perekonomian bangsa mengampanyekan sebuah gerakan melalui tagar #KuatkanRupiah pada ranah internet.

Oleh karenanya, disini akan dijelaskan beberapa poin penting cara rahasia menguatkan rupiah. Apa sajakah poin-poin penting tersebut? Simak terus artikel berikut ini.


1. Tingkatkan Frekuensi Penggunaan Rupiah

Ada beberapa sektor yang sebenarnya bisa ‘dipaksa’ untuk penggunaan rupiah. Salah satu contoh sektor yang dimaksud ialah sektor pariwisata. Seperti diketahui, sektor pariwisata banyak menggunakan mata uang asing dalam transaksinya, terutama pada tempat-tempat yang telah tersohor bagi para wisatawan mancanegara. 

Salah satu cara rahasia menguatkan rupiah adalah dengan membuat regulasi yang mengharuskan penggunaan mata uang rupiah pada tempat-tempat tersebut. Misalnya, turis lokal dan 'terutama' turis mancanegara akan menggunakan rupiah dalam setiap transaksinya. Dengan begitu, mereka akan membuat ‘wajah’ rupiah kembali sumringah.


2. Berani Menahan dan Memegang Rupiah

Cara rahasia menguatkan rupiah berikutnya adalah kita harus mempunyai  keyakinan bahwa nilai rupiah tidak akan terus menerus jatuh, meskipun pemberitaan di berbagai media kerap kali memberitakan penurunan nilai mata uang rupiah. Bila meyakini hal ini, masyarakat akan memiliki keberanian untuk memegang rupiah. Makna memegang rupiah di sini ialah tidak terbawa arus untuk ikut-ikutan menukarkan rupiah ke dolar. Kenaikan dan penurunan perekonomian itu berlaku seperti sebuah siklus, cepat atau lambat nilai mata uang rupiah ini akan kembali menguat.


3.  Konsumsi Produk Lokal

Salah satu cara rahasia menguatkan rupiah yang cukup efektif adalah mengurangi ketergantungan terhadap produk impor dengan memperbanyak konsumsi produk dalam negeri. Pengurangan konsumsi produk impor memiliki andil cukup besar dalam menguatkan rupiah karena mengurangi ketergantungan kita terhadap dolar atau mata uang asing lainnya. Selain memberi rezeki kepada para pelaku usaha dalam negeri, mengkonsumsi produk lokal berperan penting dalam menjaga bahkan menguatkan nilai mata uang rupiah.


Penurunan mata uang rupiah memang bukan berita yang membuat kita bahagia. Namun, langkah-langkah sederhana yang kita lakukan di atas setidaknya punya andil dalam membuat nilai mata uang tercinta tidak semakin membuat terperosok. Karena itu, saatnya kita berperan untuk membuat rupiah kembali 'bercahaya'.

Semoga bermanfaat, mari #KuatkanRupiah

Artikel menarik lainnya :





 

Related Posts

3 Cara Rahasia Menguatkan Rupiah
4/ 5
Oleh